Hasil US Open: Azarenka Tak Biarkan Williams Kembali Ke Final

Penulis: Dian Megane
Jumat 11 Sep 2020, 14:49 WIB
Victoria Azarenka lumpuhkan Serena Williams di US Open 2020

Victoria Azarenka raih peluang emas untuk menangkan gelar Grand Slam ketiga di US Open 2020

Berita Tenis: Victoria Azarenka bangkit usai kecolongan set pertama demi menundukkan Serena Williams di semifinal US Open musim 2020.

Petenis non unggulan, Azarenka berjuang keras demi mengatasi tantangan petenis favorit tuan rumah sebelum mengantongi kemenangan 1-6, 6-3, 6-3 setelah 1 jam 56 menit di Arthur Ashe Stadium.

Berkat kemenangan tersebut, petenis berkebangsaan Belarusia akan berduel melawan juara US Open musim 2018, Naomi Osaka di partai puncak Grand Slam yang digelar di Flushing Meadows, New York.

Final tersebut akan menjadi final Grand Slam pertama petenis berusia 31 tahun sejak kalah dari Williams di final US Open musim 2013.

“Itu angka favorit saya, jadi saya rasa saya ditakdirkan untuk itu,” ungkap Azarenka merujuk tujuh musim penantian untuk kembali ke final Grand Slam nomor tunggal.

“Saya sangat bersyukur atas peluang ini. Saya sangat bersyukur bisa bertanding melawan juara sepertinya di semifinal.”

Petenis yang telah mengantongi dua gelar Grand Slam belum pernah mengalahkan petenis berusia 38 tahun di Grand Slam sebelumnya dan ia tampak akan mempertahankan catatan buruk tersebut setelah kekalahan telak di set pertama.

Namun, petenis berusia 31 tahun membalikkan keadaan di set kedua, meningkatkan level service gamenya, dan secara drastis berhasil mengurangi unforced error setelah ia mulai mendikte permainan dengan rally-rally panjang.

“Saya tahu semuanya belum berakhir sampai saya mendapatkan peluang lain,” tambah Azarenka.

Petenis yang telah memiliki satu anak laki-laki tersebut pernah menelan kekalahan pahit dari petenis tuan rumah di US Open musim 2017 ketika ia berpeluang untuk menutup pertandingan pada kedudukan 5-3 set ketiga hanya untuk kalah dengan 5-7.

Petenis berkebangsaan Belarusia bertekad bahwa sejarah tersebut tidak berulang. Melakukan servis di set ketiga untuk memenangkan pertandingan, ia sempat melakukan pelanggaran ganda sebelum menembakkan servis tercepatnya di pertandingan tersebut. Williams sempat meminta challenge untuk servis tersebut dan terlihat bahwa bolanya menyentuh beberapa inci dari garis, sehingga wasit menyatakan pukulan tersebut masuk dan ia pun berhak mengklaim kemenangan.

Azarenka terakhir memenangkan Grand Slam di Australian Open musim 2013 dan ia menikmati perjalanan bak kisah dongeng di US Open setelah mengklaim gelar Cincinnati Open (Western & Southern Open) yang digelar tepat sebelum US Open dimulai.

Uniknya, final US Open musim ini akan menjadi laga ulang dari final Cincinnati Open musim ini yang mempertemukan Azarenka melawan Osaka. Hanya saja di final Cincinnati Open, Osaka terpaksa memilih mundur bahkan sebelum pertandingan dimulai dengan alasan cedera, sehingga Azarenka memenangkannya tanpa harus mengangkat raket.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Victoria Azarenka, Serena Wiilliams, Naomi Osaka

943  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini