Hasil US Open: Alexander Zverev Amankan Satu Tiket Semifinal

Penulis: Dian Megane
Rabu 09 Sep 2020, 06:29 WIB
Alexander Zverev kalahkan Borna Coric di perempatfinal US Open musim 2020

Alexander Zverev siap lakoni semifinal US Open 2020

Berita Tenis: Alexander Zverev tidak perlihatkan performa terbaik di perempatfinal US Open musim 2020, tetapi ia masih menemukan cara untuk menang.

Petenis unggulan kelima, Zverev harus kecolongan set pertama sebelum menumbangkan petenis unggulan ke-27, Borna Coric dengan hasil cukup keat 1-6, 7-6, 7-6, 6-3 demi melenggang ke semifinal US Open untuk kali pertama dalam kariernya.

Petenis berkebangsaan Jerman tersebut kalah di ketiga babak tiebreak yang sebelumnya ia lakoni melawan petenis unggulan ke-27, tetapi ketenangannya di bawah tekanan kali ini terbukti menjadi aspek penting pada laga perempatfinal mereka yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium.

“Saya baru mulai bermain dengan sedikit lebih agresif, karena jika saya bermain dengan cara saya bermain, itu bukan level permainan untuk laga perempatfinal sekelas Grand Slam. Saya harus mulai bermain dengan lebih baik dan saya juga bermain dengan sedikit lebih konsisten. Servis saya membaik dan saya pikir, ‘Saya tertinggal 1-6, 2-4, saya merasa tidak terbebani’,” jelas Zverev.

Petenis berkebangsaan Kroasia, Coric telah menjadi batu sandungan sejak mereka turun di turnamen junior. Ia mengalahkan Zverev di semifinal US Open kategori junior pada musim 2013 dan memasuki laga perempatfinal kali ini dengan keunggulan 3-1 dalam head to head mereka, termasuk kemenangan empat set di Grand Slam yang digelar di New York tiga musim lalu. Tetapi petenis berkebangsaan Jerman tersebut bermain dengan lebih baik dalam mengurangi unforced error ketika ia membutuhkannya sebelum memenangkan pertandingan setelah 3 jam 24 menit.

Berkat kemenangan tersebut, juara ATP Finals musim 2018 menjadi petenis putra Jerman pertama yang melaju ke semifinal US Open sejak Boris Becker pada musim 1995.

Laga perempatfinal kali ini seperti déjà vu bagi petenis unggulan kelima yang kehilangan set pertama di perempatfinal Australian Open awal musim ini melawan Stan Wawrinka dengan hasil akhir 1-6 sebelum mengalahkan Wawrinka dengan empat set. Pada kesempatan kali ini, petenis unggulan ke-27 unggul dengan satu set dan sebuah break di set kedua, tetapi ia tidak mampu menumbangkannya.

Petenis unggulan ke-27, Coric terpaut beberapa poin lagi untuk unggul dengan dua set, tetapi Zverev menahannya dengan forehand menyilang sebelum memaksakan babak tiebreak. Di tiga dari empat poin terakhir babak tiebreak, petenis unggulan ke-27 mendapati beberapa bola pendek untuk dikembalikan, tetapi ia menyia-nyiakannya. Tidak lama, terdengar teriakan penuh kemenangan dari seberang lapangan petenis unggulan ke-27 setelah pengembalian backhandnya bersarang di net dan menjadi pengembalian pamungkas di set kedua.

Memasuki set ketiga, petenis unggulan kelima meningkatkan level permainan, tetapi ia berada dalam bahaya pada kedudukan 5-6 di set ketiga. Berkat kerja kerasnya, ia keluar dari lubang jarum dan tampil dominan di babak tiebreak sebelum memastikan diri menjadi pemenang dengan mengklaim set keempat.

Petenis berusia 23 tahun tersebut menyelesaikan pertandingan dengan 52 winner dan melakukan 46 unforced error serta memenangkan 76 persen poin dari servis pertamanya.

Berdiri di antara Zverev dan satu tempat di partai puncak Grand Slam pertama dalam kariernya adalah petenis unggulan ke-12, Denis Shapovalov atau petenis unggulan ke-20, Pablo Carreno Busta.

Artikel Tag: Tenis, US Open, alexander zverev, borna coric

617  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini