Hasil French Open: Roger Federer Lulus Ujian Menantang Marin Cilic

Penulis: Dian Megane
Jumat 04 Jun 2021, 09:48 WIB
Roger Federer [kiri] lolos ke babak ketiga French Open 2021

Roger Federer [kiri] dan Marin Cilic [kanan] usai lakoni babak kedua French Open 2021

Berita Tenis: Jumpa di Lapangan Philippe Chatrier, petenis berkebangsaan Swiss, Roger Federer menemukan level permainan lain untuk mengatasi Marin Cilic di babak kedua French Open musim 2021.

Petenis tertua di French Open musim 2021 sukses memetik kemenangan 6-2, 2-6, 7-6, 6-2 atas petenis berkebangsaan Kroasia, Cilic demi satu tempat di babak ketiga French Open.

“Saya pikir, itu pertandingan yang sangat apik bagi saya. Sedikit pasang surut di set kedua dan ketiga. Hal positifnya adalah saya merasa saya mengerahkan kemampuan terbaik di pertandingan seperti itu dan saya tahu mengapa pertandingannya pasang surut, lalu saya mampu mempertahankan level permainan solid ketika ia mematahkan saya di set ketiga dan situasinya tampak berbahaya bagi saya,” papar Federer.

“Kenyataan bahwa saya mampu meningkatkan kekuatan, bertahan melawannya, lalu menyerangnya, saya pikir hal itu memberi saya banyak kepercayaan diri.”

Petenis berusia 39 tahun menepi di sebagian besar musim 2020 setelah menjalani dua operasi lutut. Tetapi ia memainkan permainan cukup impresif di French Open, turnamen ketiganya pada musim 2021.

Mantan petenis peringkat 1 dunia kini mencatatkan 10-1 dalam head to head melawan Cilic setelah pertemuan keenam mereka di Grand Slam, termasuk pertemuan di final Wimbledon musim 2017 dan Australian Open musim 2018, yang keduanya dimenangkan petenis berkebangsaan Swiss.

Juara French Open musim 2009 langsung tancap gas di set pertama dengan menyambar kedudukan 5-1 sebelum mengklaim set pertama dengan hanya kehilangan dua game saja.

Namun petenis unggulan kedelapan menghadapi tantangan yang lebih besar di set kedua. Ketika Cilic unggul dengan peluang break, petenis unggulan kedelapan tampak kehilangan daya fokus dan kesulitan untuk menemukan ritme permainan di antara poin-poin, bahkan sebagai hasilnya, ia menerima peringatan time violation, sebelum akhirnya petenis berkebangsaan Kroasia berhasil memetik kemenangan set kedua.

Federer menyusun kembali kekuatan di set ketiga dan membukanya dengan keunggulan 3-1. Tetapi Cilic tidak menyerah, bahkan berhasil menyamakan kedudukan 3-3.

Set ketiga semakin berlangsung sengit setelah petenis yang mengembalikan servis tidak memenangkan satu poin pun dalam enam game secara beruntun sebelum memasuki babak tiebreak yang akhirnya dimenangkan petenis unggulan kedelapan.

Pelanggaran ganda harus Cilic bayar mahal di set keempat, setelah hal tersebut membantu Federer menyambar keunggulan 4-1 sebelum mengamankan satu tiket menuju babak ketiga French Open setelah 2 jam 36 menit.

Berdiri di antara Federer dan satu tempat di babak keempat French Open adalah petenis berkebangsaan Jerman, Dominik Koepfer yang melumpuhkan petenis unggulan ke-30, Taylor Fritz dengan 6-3, 6-2, 3-6, 6-4.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Roger Federer, marin cilic, Dominik Koepfer

571  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini