Daniil Medvedev Dan Andrey Rublev Tak Terbendung, Rusia Juarai ATP Cup

Penulis: Dian Megane
Minggu 07 Feb 2021, 10:41 WIB
Daniil Medvedev [paling kiri] dan Andrey Rublev [di sebelah Medvedev] tak terbendung di sepanjang ATP Cup 2021

Tim Rusia [dari kiri ke kanan: Daniil Medvedev, Andrey Rublev, Aslan Karatsev, dan Evgeny Donskoy] jadi juara ATP Cup edisi kedua musim 2021

Berita Tenis: Daniil Medvedev mengakhiri musim 2020 dengan cara terbaik yang pernah ia bayangkan. Kini, ia mengawali musim 2021 dengan sama luar biasanya.

Memperkuat Rusia di final ATP Cup musim 2021 melawan Italia, petenis peringkat 4 dunia menumbangkan Matteo Berrettini dengan 6-4, 6-2, tidak lama setelah rekan senegaranya, Andrey Rublev melumpuhkan Fabio Fognini dengan hasil telak 6-1, 6-2.

Kedua petenis Rusia telah mendominasi sepanjang perhelatan ATP Cup musim ini setelah masing-masing memenangkan keempat laga nomor tunggal yang mereka lakoni (dua di fase grup, semifinal, dan final) melawan beberapa petenis terbaik dunia.

“Saya ingin berterima kasih kepada tim saya. Andrey memenangkan semua pertandingannya. Terima kasih telah berada bersama saya di sini dan mengangkat trofinya,” ungkap Medvedev dalam upacara penyerahan trofi.

Juara ATP Finals musim 2020 menghadapi ujian menantang melawan Berrettini yang tidak kehilangan satu set pun melawan tiga dari petenis peringkat 13 besar demi mengantarkan Italia menuju ke final.

Namun, juara Paris Masters musim 2020 masih terlalu solid bagi Berrettini dan ia menang setelah 1 jam 20 menit. Di sepanjang turnamen, Berrettini berhasil mengatasi lawannya, termasuk petenis peringkat 3 dunia, Dominic Thiem, dengan menggunakan forehand untuk mendorong mereka ke belakang lapangan lalu menyerang area net ketika diperlukan.

Namun petenis berkebangsaan Rusia malah menyudutkan petenis berkebangsaan Italia dengan backhandnya dan petenis peringkat 10 dunia tidak pernah menemukan solusi untuk keluar dari tekanan petenis peringkat 4 dunia.

Medvedev dikenal jarang memperlihatkan emosinya setelah kemenangan besar, tetapi pada kesempatan ini, ia tersenyum lebar kepada zona tim Rusia.

Dengan kemenangan tersebut, petenis peringkat 4 dunia kini mengantongi 14 kemenangan beruntun sejak ia turun di Paris Masters musim 2020 dan 10 di antaranya melawan petenis peringkat 10 besar.   

Performa Rublev di ATP Cup musim ini juga patut diacungi jempol. Setelah musim lalu ia mengantongi 41 kemenangan, termasuk mengklaim lima gelar – melebihi Novak Djokovic yang memenangkan empat gelar – ia mempertahankan momentum tersebut ketika mewakili Rusia di ajang tenis beregu putra.

Di sepanjang pekan, Rublev hanya kehilangan satu set di semifinal, tetapi di semua pertandingan yang ia lakoni, ia tidak membiarkan lawannya merebut game lebih dari tiga di setiap setnya. Dari empat laga yang ia lakoni, ia menyelesaikannya dengan sembilan set dan kehilangan 19 game.

Sementara itu, meski Italia kalah di final, mereka telah membuktikan kekuatan mereka musim ini. Di ATP Cup musim lalu, mereka bahkan tidak bisa keluar dari fase grup dan Berrettini tidak berpartisipasi karena cedera.

“Selamat kepada tim saya. Bagi saya, setidaknya ini penampilan pertama saya di ATP Cup. Saya melalui pekan yang luar biasa. Kami bersenang-senang, pertandingan yang luar biasa,” timpal Berrettini.

Artikel Tag: Tenis, ATP Cup, Daniil Medvedev, Andrey Rublev, Matteo Berrettini, Fabio Fognini

600  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini