Ashleigh Barty Tak Jadikan Ini Sebagai Alasan Kekalahan Di Australian Open

Penulis: Dian Megane
Rabu 17 Feb 2021, 13:23 WIB
Ashleigh Barty gagal melenggang ke semifinal Australian Open 2021

Ashleigh Barty tertunduk lesu ketika lakoni perempatfinal Australian Open 2021

Berita Tenis: Petenis peringkat 1 dunia, Ashleigh Barty secara mencengangkan tersingkir di perempatfinal Australian Open musim 2021 pada hari Rabu (17/2) waktu setempat.

Petenis favorit tuan rumah kalah dari petenis unggulan ke-25, Karolina Muchova yang meminta jeda untuk alasan medis di set kedua dan berlangsung selama 10 menit, momen yang memicu perubahan arah pertandingan.

Setelah memenangkan set pertama dengan hanya kehilangan satu game saja, petenis yang telah mengantongi satu gelar Grand Slam mematahkan servis Muchova di awal set kedua dan unggulan dengan 2-1. Ketika petenis unggulan pertama tampak akan menguasai set kedua, petenis berkebangsaan Ceko membalikkan momentum dengan memilih taktik menggunakan jeda karena alasan medis.

Setelah kembali ke lapangan, Muchova dengan segera mematahkan servis petenis tuan rumah dan unforced error dari raket petenis tuan rumah pun semakin mengalir.

Pada akhirnya, petenis berkebangsaan Ceko mematahkan servis petenis unggulan pertama lagi pada kedudukan 4-3 di set kedua sebelum memaksakan set penentu. Banyak pakar dan mantan petenis berasumsi bahwa tujuan petenis unggulan ke-25 untuk meminta jeda adalah untuk menyusun kembali kekuatannya.

Dalam konferensi pers, petenis peringkat 1 dunia ditanya tentang pandangannya terkait keputusan petenis berkebangsaan Ceko yang mengubah arah pertandingan. Ia menolak jeda tersebut sebagai alasan kekalahannya di Australian Open musim ini.

“Saya tidak menulis peraturannya. Saya mematuhinya. Semua petenis, kami mematuhi semua peraturan yang tertulis. Bukan posisi saya untuk mengomentari apakah ia mengalami cedera atau tidak. Itu tugas fisio dan dokter,” jawab Barty.

“Tentunya ia meminta jeda untuk alasan medis karena ada sesuatu yang salah. Ia melakukannya sesuai aturan, sesuai pedoman untuk meminta jeda itu.”

Setelah pertandingan, Muchova mengakui bahwa jeda tersebut ia ambil bukan untuk mengatasi kendala pada perut yang sudah ia alami sebelumnya, tetapi ia ingin tekanan darahnya diperiksa, karena kepalanya terasa berputar.

Melaju ke semifinal Grand Slam untuk kali pertama, Muchova akan berhadapan dengan petenis unggulan ke-22, Jennifer Brady. Kedua petenis sebelumnya baru bertemu satu kali, yakni di perempatfinal Prague Open musim 2019 yang dimenangkan petenis berkebangsaan Ceko dengan tiga set.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Ashleigh barty, Karolina Muchova

719  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini