Menpora Zainudin Amali Kukuhkan 499 Atlet Indonesia untuk Sea Games 2021

Penulis: Dayat Huri
Minggu 08 Mei 2022, 23:30 WIB
Menpora RI, Zainudin Amali mengukuhkan atlet Indonesia untuk Sea Games

Menpora RI, Zainudin Amali mengukuhkan atlet Indonesia untuk Sea Games/foto dok Kemenpora RI

Ligaolahraga.com -

Berita Sea Games: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengukuhkan sebanyak 499 atlet yang akan mewakili Merah Putih pada ajang Sea Games 2021 Vietnam. Proses pengukuhan tersebut berlangsung di Hall A Basket Senayan, Jakarta, Minggu (8/5).

Pada kesempatan itu, Amali dia mengingatkan kembali bahwa para atlet harus bisa menghadapi perubahan paradigma baru olahraga Indonesia dengan sasaran utama adalah menggapai prestasi tertinggi di ajang Olimpiade. Sea Games dan Asian Games adalah sasaran antara yang tetap harus kalian ikuti sebagai langkah menuju pesta olahraga multi event paling bergengsi di dunia tersebut.

"Sesuai amanah Presiden Jokowi, kita harus memulai membangun pondasi ekosistem olahraga Indonesia menjadi lebih baik. Para atlet sekarang harus mulai merubah target ke prestasi yang lebih tinggi yakni, Olimpiade," kata Amali seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora RI.

"Pengiriman kontingen Indonesia ini adalah yang pertama kali menggunakan paradigma baru prestasi nasional setelah mendapat arahan presiden. Di mana arahan ([residen) meminta kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan prestasi nasional langsung diwujudkan dalam Undang-Undang (UU) Keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022 yang sebelumnya didahului dengan Perpres No 86 Tahun 2021 tentang DBON," tambah Amali.

Menurut dia, perbedaan yang paling mencolok antara Sea Games tahun ini dengan edisi sebelumnya adalah berkurangnya jumlah atlet yang hampir 50 persen.

"Kami meyakini yang diberangkatkan benar-benar (atlet) berprestasi. Mulai sekarang mimpi atlet itu harus Olimpiade. Namun demikian kami tetap mengirimkan ke Sea Games untuk mempersiapkan diri ke Kualifikasi Olimpiade Paris 2024," terangnya.

Sementara Chef de Mission kontingen Indonesia, Ferry J Kono, menyebut akan ada 499 atlet yang diberangkatkan menuju Vietnam, dengan rincian 313 atlet pria dan 186 atlet wanita, serta beberapa official yang juga akan diberangkatkan.

"Nanti Indonesia akan bersaing di 41 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. 313 atlet pria dan 186 atlet wanita sehingga total 499 atlet, 214 ofisial, serta tim CdM 63 orang," ujar Ferry Kono

Artikel Tag: amali, Sea Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/menpora-zainudin-amali-kukuhkan-499-atlet-indonesia-untuk-sea-games-2021
892  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini