Rifda Irfanaluthfi Difokuskan pada Pematangan Secara Mental

Penulis: Senja Hanan
Senin 22 Apr 2024, 23:00 WIB
Rifda Irfanaluthfi Difokuskan pada Pematangan Secara Mental

Rifda Irfanaluthfi Difokuskan pada Pematangan Secara Mental

Ligaolahraga.com -

Berita Olimpiade: Pemusatan latihan terhadap atlet senam Rifda Irfanaluthfi difokuskan pada pematangan secara mental. Hal ini agar lebih siap menghadapi kompetisi Olimpiade 2024.

"Persiapan Rifda Irfanaluthfi lebih difokuskan kepada mematangkan mental karena materi gerakannya sendiri sudah siap," ujar Pelatih tim nasional senam Indonesia Eva Novalina kepada ANTARA ketika ditemui di GOR Senam DKI Jakarta di Duren Sawit, Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, Rifda sendiri belum menjalani kompetisi setelah sembuh dari cedera lutut yang dialami. Oleh sebab itu, atlet berusia 24 tahun perlu memperkuat mental agar bisa tampil tenang dan tidak gugup saat bertanding.

"Dia juga bisa kontrol untuk adrenalin dan sebagainya, jadi lebih pada persiapan mental. Kalau dari fisik, teknik, sudah oke," ujarnya.

Eva mengatakan, pematangan mental juga diarahkan pada pendalaman secara visualisasi agar Rifda bisa menguasai gerakan dan lebih yakin dalam menampilkannya. Setiap gerakan senam dalam masa latihan, kata dia, terus dievaluasi sehingga jika terjadi kekurangan maka terus dicoba hingga berhasil.

"Kami evaluasi terus agar kesalahan gerakan bisa dikurangi seminimal mungkin," ujarnya. 

Dia menambahkan, sebelum tampil pada Olimpiade Paris 2024, Rifda juga akan menjalani kompetisi senam Asian Championship 2024 di Tashkent, Uzbekistan. Kompetisi tersebut, kata dia, juga merupakan bagian dari kualifikasi Olimpiade, namun, Rifda telah mengantongi tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris, sehingga kejuaraan tingkat Asia tersebut menjadi kesempatan untuk menguji mental Rifda.

"Kompetisi itu menjadi ujian bagi Rifda untuk menghadapi lawan-lawannya, wasit, dan sebagainya sebelum menuju Olimpiade," ujarnya.

Artikel Tag: Olimpiade 2024, Rifda Irfanaluthfi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/rifda-irfanaluthfi-difokuskan-pada-pematangan-secara-mental
816  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini