Tantangan Berat Michelin Di MotoGP Jerman

Penulis: Ruddy
Rabu 11 Jul 2018, 22:00 WIB
Tantangan Berat Michelin Di MotoGP Jerman

Sirkuit Sachsenring tawarkan tantangan unik bagi Michelin. (MotoGP)

Berita MotoGP: Pemasok ban tunggal di kelas MotoGP, Michelin, akan menghadapi tantangan berat di MotoGP Jerman akhir pekan ini. Sebab, karakter sirkuit Sachsenring dianggap sangat unik dan dinamis, dengan 13 tikungan yang ada.

Setelah dilapis ulang pada musim lalu, Michelin datang dengan data yang lebih akurat soal sirkuit Sachsenring. Sirkuit yang dulunya merupakan jalan raya itu, merupakan sirkuit terpendek dalam kalender MotoGP musim ini. Sirkuit tersebut juga memiliki trek lurus yang singkat, dengan dinamika 13 tikungan tajam dan juga tikungan panjang.

Dari 13 tikungan di sirkuit Sachsenring, 10 di antaranya adalah tikungan kiri. Tikungan kanan hanya ada tiga di sirkuit tersebut. Maka sudah tentu komposisi ban akan memengaruhi performa para pebalap.

Namun demikian, Michelin sudah menyiapkan ban yang dianggap sudah sesuai dengan kebutuhan sirkuit Sachsenring. Tiga kompon ban, yakni soft, medium, dan hard kembali disediakan oleh Michelin. Hanya saja komposisinya akan jauh lebih unik.

Sisi kiri ban akan jauh lebih keras untuk mengakomodir banyaknya tikungan ke kiri di sirkuit Sachsenring. Sementara sisi kanan ban yang jauh lebih lunak, diharapkan mampu menyerap panas lebih cepat, sehingga berguna untuk grip ban saat berakselerasi keluar tikungan.

"Kami datang ke Sachsenring dengan jauh lebih percaya diri," kata Piero Taramasso, manajer Michelin untuk divisi balap dua roda. "Dengan data yang kami miliki, kami yakin bisa memenuhi kebutuhan ban bagi para pebalap. Kini kami mampu membuat komposisi ban yang sangat sesuai dengan karakteristik sirkuit."

Sachsenring juga terkadang memiliki kondisi cuaca yang berubah-ubah. Bagaimana Michelin mengatasinya?

"Lintasan ini (Sachsenring, red) juga bisa sangat dingin pada saat tertentu," lanjut Taramasso. "Kami tetap menyediakan alokasi ban jika situasi tersebut terjadi."

Artikel Tag: motogp, Berita MotoGP, gp jerman, Sirkuit Sachsenring, yamaha, Maverick Vinales, Valentino Rossi, Honda, Marc Marquez, Ducati, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Suzuki, Andrea Iannone, Alex Rins

2047