Honda dan Yamaha Dikabarkan Ingin Jiplak Teknologi Motor Aprilia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 01 Jan 2022, 12:55 WIB
Aprilia, Maverick Vinales

Maverick Vinales

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Eks teknisi Aprilia, Jan Witteveen, menyebut dua pabrikan besar asal Jepang, Honda dan Yamaha, berniat untuk meniru teknologi yang digunakan oleh motor RS-GP.

Performa Aprilia sepanjang kejuaraan MotoGP 2021 bisa dibilang cukup baik. Meski pabrikan asal Noale itu berada di posisi paling buncit pada klasemen konstruktor, akan tetapi kedua pebalapnya, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, berhasil menembus 10 besar klasemen pebalap.

Espargaro menempati peringkat kedelapan usai mengoleksi 120 poin dan mencatatkan satu podium. Sementara itu Vinales yang datang di pertengahan musim berada di peringkat ke-10.

Jadi, bisa dibilang performa mereka sudah mulai menunjukan tajinya dan cukup konsisten, bahkan mampu bersaing dengan pabrikan-pabrikan besar asal benua Asia seperti Yamaha dan Honda.

Jan Witteveen yang pernah menjabat sebagai teknisi Aprilia lalu menyebut kalau teknologi yang dimiliki oleh produsen sepeda motor itu terus mengalami peningkatan. Bahkan dirinya melihat kalau Yamaha dan Honda berusaha menjiplak teknologi mereka saat ini meskipun tidak bisa sama persis.

“Kami sampai pada titik di mana orang Jepang tertarik dengan teknologi kami. Yamaha dan Honda mencoba meniru kami,” kata Witteveen, dikutip dari Motosan.

“Tetapi tak satupun dari mereka benar-benar bekerja dengan baik, karena pabrikan Jepang melakukan apa yang mereka inginkan, yaitu meniru,” ia melanjutkan.

“Ketika anda meniru karya orang lain, anda harus memiliki keahlian sangat baik jika ingin mendapat hasil yang sama dengan yang ingin anda tiru,” tutupnya.

Artikel Tag: aprilia, Honda, yamaha, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/honda-dan-yamaha-dikabarkan-ingin-jiplak-teknologi-motor-aprilia
669  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini