Bukan Rossi Atau Marquez, Inilah Sosok Pebalap yang Tampil Layaknya 'Tuhan'

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 05 Jun 2020, 08:40 WIB
Bukan Rossi Atau Marquez, Inilah Sosok Pebalap yang Tampil Layaknya 'Tuhan'

Giacomo Agostini

Berita MotoGP: Legenda MotoGP, Giacomo Agostini, membeberkan sosok pebalap yang mampu membuatnya terkesan dan tampil layaknya ‘Tuhan’, namun ia bukanlah Valentino Rossi ataupun Marc Marquez.

Giacomo Agostini hingga saat ini masih menjadi peraih titel juara dunia terbanyak. Torehan ini juga masih belum mampu disaingi pebalap terbaik era sekarang, yakni Valentino Rossi dan juga Marc Marquez.

Alih-alih terkesan dengan persaingan para pebalap muda masa kini, Agostini  justru menyebut satu nama rider masa lalu yakni Carlo Ubbiali yang performanya dinilai bagaikan Tuhan di matanya.

"Ketika itu saya masih berusia 10 atau 11 tahun. Dia (Ubbiali) masih sangat muda, sekitar 20 tahun, setelah mengetahui daya ledaknya saya rasa dia adalah Tuhan," tutur Agostini sebagaimana dilansir dari Tuttomotoriweb.

"Dia mengajari saya banyak hal, dia adalah pebalap yang sangat cerdik, memenangi banyak sprint race, sangat teliti dan memperhatikan detail," imbuhnya.

Pun demikian, nama Carlo Ubbiali memang namanya kurang familiar di telinga para penggemar di seluruh dunia karena dia baru aktif balapan pada rentang waktu 1949 hingga 1960.

Pun demikian, rider asal Italia itu juga memiliki prestasi yang tak kalah mengesankan dengan torehan total sembilan gelar juara dunia dari kelas 125cc dan 250cc.

Sebagian besar karier Ubbiali dihabiskan di tim MV Agusta, itu adalah tim yang juga pernah diperkuat dan dibawa Agostini menjadi juara dunia semasa aktif dulu.

"Dia dari Bergamo, saya berasal dari Lovere, dia orang yang gila dengan motor seperti saya. Saya mengikuti semua pencapaiannya melalui surat kabar dan berkhayal untuk bisa mengikuti jejaknya, orang Bergamo yang menang bersama MV Agusta," tandasnya.

Carlo Ubbiali telah meninggal dunia pada Selasa 2 Juni 2020 lalu dan meninggalkan duka yang mendalam bagi MotoGP dan terutama secara pribadi bagi Agostini.

"Istirahat dengan tenang Carlo. Kami akan mengenangmu sebagai salah satu pebalap tersukses sepanjang masa," tulis keterangan resmi MotoGP.

Artikel Tag: Giacomo Agostini, Carlo Ubbiali, motogp

1259  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini