Alami Krisis, WithU Resmi Berpisah dengan RNF Racing

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 14 Sep 2022, 12:50 WIB
WithU, RNF Racing

Darryn Binder

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: RNF Racing harus segera mencari sponsor baru sebab WithU memutuskan untuk angkat kaki dari kejuaraan MotoGP dan mengalihkan investasi ke tim voli Verona.

Dalam kurun waktu 13 bulan, RNF Racing harus kehilangan sponsor. Mereka berpisah dengan Petronas sehingga harus menutup tim di kelas lebih rendah.

Di tengah kesulitan yang melanda, datang WithU dengan komitmen sebagai sponsor utama baru. Perusahaan asal Italia itu kabarnya menggelontorkan dana senilai lima juta euro (sekira Rp74,8 miliar) untuk memperkenalkan mereknya ke seluruh dunia.

Krisis energi yang melanda Eropa pasca perang antara Rusia dan Ukraina tentunya berdampak besar kepada penurunan pendapatan mereka. Sebagai informasi, WithU adalah perusahan yang bergerak di bidang listrik, gas, komunikasi dan jadi penyedia internet.

Daripada membuang uang lima juta euro di tengah situasi sulit, ditambah lagi prestasi RNF Racing yang tak kunjung memenuhi harapan, maka mereka memutuskan untuk mengundurkan diri dari kelas premier.

“Kami mengalami krisis ganda. Europe Energy Spa, perusahaan saya yang lama, telah meminta kompensasi. WithU, sebagai sebuah merek sendiri, masih terkoneksi dengan kuat,” ujar CEO WithU, Matteo Ballarin, dikutip dari Motorsport.com.

Mereka kemudian mengungkapkan rencananya untuk berinvestasi pada tim voli Verona. Olahraga tersebut kini sedang naik daun usai tim nasional Italia menjadi juara dunia baru.

“Saya kira sangat penting membawa fitur istimewa kami lebih dekat kepada orang-orang dalam momen seperti ini. Jika tidak, mereka tidak tahu bahwa kami eksis,” ia menuturkan.

“Kami telah menyerah untuk banyak sponsorship dan mempertanyakan lainnya. Menjadi sponsor MotoGP intensif, tapi situasi pasar tidak memberikan kami visibilitas apa pun hari ini. Dalam voli, di sisi lain, kami ingin lanjut karena merasa terlibat sebagai aktor utama,” jelasnya.

“Bukan berarti kami akan meningkatkan sponsor di voli tapi ya, dalam MotoGP, kami akan menghentikannya,” tegas Ballarin.

Sebelum musim 2022 berakhir, bos RNF Racing, Razlan Razali mesti cepat-cepat mencari investor baru. Pasalnya, ongkos untuk menjalankan sebuah tim balap MotoGP tidaklah sedikit.

Minimal mereka membutuhkan dana sekitar 12-13 juta euro, namun Dorna Sports sudah menanggung 6-7 juta euro. Dana itu sendiri dibayarkan untuk sewa kendaraan.

Sedangkan karena RNF Racing akan menjadi tim satelit Aprilia Racing mulai 2023, pabrikan asal Noale tersebut bersedia membayar gaji Raul Fernandez dan Miguel Oliveira.

Artikel Tag: RNF Racing, WithU, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/alami-krisis-withu-resmi-berpisah-dengan-rnf-racing
597  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini