Tak Kunjung Ada Kejelasan, Alpine Berniat Bawa Oscar Piastri ke Pengadilan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 09 Agu 2022, 23:30 WIB
Oscar Piastri

Oscar Piastri

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Alpine, Otmar Szaufner, berniat untuk membawa masalah soal kontrak Oscar Piastri ke pengadilan sebab sang pebalap dinilai telah melanggar kesepakatan.

Alpine sepertinya sudah tidak punya cara lain untuk mengatasi persoalan mereka dengan Oscar Piastri. Senin (8/8) petang waktu setempat, sang prinsipal tim, Otmar Szafnauer, menegaskan bakal membawa perkara soal kontrak ke Pengadilan Tinggi London.

Mereka mengaku siap menempuh jalur hukum bila pemuda asal Australia tersebut menolak untuk ditunjuk sebagai pebalap utama pada F1 2023.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 2 Agustus lalu, Alpine mengumumkan bila Piastri bakal menggantikan Fernando Alonso yang hengkang ke Aston Martin. Namun selang beberapa jam setelah pengumuman itu, sang pebalap membantah telah menandatangani kontrak. Selain itu, ia menyebutkan tim juga tidak mengonfirmasi dirinya perihal promosi ini, sebelum mengeluarkan rilis resmi.

Alhasil, Piastri menegaskan tidak akan membalap untuk Alpine pada musim depan.

Banyak pihak yang meyakini bila kampiun Formula 2 2021 tersebut sudah menandatangani prakontrak dengan McLaren. Meskipun begitu, tim asal Inggris tersebut harus menyelesaikan terlebih dahulu urusan kontrak dengan Daniel Riccardo yang punya ikatan kerja sampai akhir musim 2023.

Sejumlah rumor dan spekulasi menyebutkan kedua tim bisa saja saling bertukar pebalap. Faktanya, Alpine kini justru bersiap untuk membawa masalah kontrak Piastri ke jalan hukum, begitu liburan musim panas berakhir.

“Peluang kami membawa masalah ini ke Pengadilan Tinggi sudah lebih dari 90%. Itulah yang akan kami lakukan,” tegas Szafnauer, dikutip dari Motorsport.com.

Alpine juga sudah mengontak Formula 1 Contract Recognition Board (CRB), badan milik FIA yang menentukan legalitas kontrak pebalap dan menyelesaikan problem kontrak tim-tim F1.

“Jika CRB nantinya mengatakan lisensi balap Piastri hanya valid di Alpine, silakan ia bersikukuh untuk tetap tidak membalap buat kami, dan hanya akan menganggur setahun. Lalu, ia akan ke Pengadilan Tinggi untuk mendapatkan kompensasi,” ia mengungkapkan.

Alpine mengaku telah melakukan segalanya untuk Oscar Piastri, termasuk berinvestasi besar dalam mempersiapkannya untuk turun ke ajang Formula 1. Di antaranya dengan melakukan rangkaian tes ribuan mil dengan mobil musim lalu, termasuk sekali di Circuit of the Americas (COTA), di Amerika Serikat.

“Kami belum menemui tim akuntan untuk menghitung berapa yang sudah dikeluarkan untuknya. Kami harus melakukan itu jika membawa perkara ini ke Pengadilan Tinggi,” tutup Szafnauer.

Artikel Tag: Oscar Piastri, Alpine, F1 2022, McLaren

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/tak-kunjung-ada-kejelasan-alpine-berniat-bawa-oscar-piastri-ke-pengadilan
577  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini