GP Madrid Akan Segera Jadi Seri Baru Formula 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 07 Des 2023, 18:50 WIB
GP Madrid

Ilustrasi pelaksanaan GP Madrid sebagai tuan rumah F1

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Penyelenggaraan GP Madrid sebagai salah satu balapan Formula 1 kini masih dalam tahap diskusi. Jika rencana ini terwujud, Spanyol bakal punya dua Grand Prix.

Beberapa pekan lalu, sempat diberitakan mengenai wacana Grand Prix kedua di Spanyol dengan tajuk GP Madrid. Diskusi kabarnya masih terus berlangsung, namun bisa jadi akan rampung dalam beberapa pekan ke depan.

Rencananya perlombaan jet darat di ibu kota Spanyol digelar dari 2026 hingga 2035 di sirkuit yang terletak di sekitar pusat konvensi IFEMA di timur laut kota, dekat dengan bandara internasional Madrid-Barajas. Sirkuit sepanjang lima kilometer akan menggunakan kompleks paviliun IFEMA dan pasar malam, yang sering dipakai untuk acara pameran dan konferensi, sebagai trek lurus dan lokasi kompleks paddock.

Ide ini telah mendapat dukungan penuh dari Dewan kota dan komunitas Madrid. Manajer Fernando Alonso, Luis Garcia Abad, pun jadi salah satu tokoh penting di balik kesepakatan dari pihak yang membahas GP Madrid dengan Formula 1.

Di sisi lain GP Spanyol, yang secara rutin dilangsungkan di Barcelona, masih memiliki kontrak yang berlaku sampai 2026. Jika Madrid resmi jadi tuan rumah anyar, akan ada dua balapan di Negeri Matador.

Namun dengan terbatasnya slot Negara Eropa dalam kalender F1, hadirnya Madrid bisa menjadi ancaman bagi Barcelona.

"Anda tidak pernah bisa mengatakan tidak pernah dalam hidup, tentu saja, tetapi dua balapan di Spanyol sangat rumit," tutur CEO F1, Stefano Domenicali, dilansir dari Motorsport.com.

"Ada ketertarikan yang besar (dari Madrid), tetapi juga benar bahwa saat ini kami fokus pada Barcelona, yang memiliki kontrak, dan hubungannya kuat,” ia menjelaskan.

Artikel Tag: GP Madrid, GP Spanyol, F1 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gp-madrid-akan-segera-jadi-seri-baru-formula-1
246  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini