GP Spanyol Resmi Pindah ke Madrid Mulai F1 2026

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 24 Jan 2024, 18:10 WIB
GP Spanyol

Simulasi GP Spanyol saat digelar di Kota Madrid

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Presiden dan CEO F1, Stefano Domenicali, baru saja mengumumkan bahwa Kota Madrid akan menjadi tuan rumah GP Spanyol pada 2026, menggantikan Barcelona.

Beberapa waktu lalu telah diberitakan soal rencana Kota Madrid, Spanyol, sebagai tuan rumah kedua balapan F1 di Negeri Matador. Setelah dilakukan diskusi yang panjang, akhirnya Madrid diumumkan bakal menjadi tempat baru untuk GP Spanyol.

Menurut kesepakaktan, perlombaan diadakan di ibu kota Spanyol mulai 2026 hingga 2035. Jalan raya di Madrid akan menjadi sirkuit sepanjang 5.47km, yang berlokasi di sekitar Pusat pameran IFEMA antara pusat kota dan bandara Barajas.

“Madrid adalah kota yang luar biasa dengan warisan olahraga dan budaya yang menakjubkan dan pengumuman hari ini memulai babak baru yang menarik bagi F1 di Spanyol,” tutur Presiden dan CEO F1, Stefano Domenicali, sebagaimana dikutip dari Crash.

Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem, begitu antusias dengan kehadiran Madrid sebagai tuan rumah baru GP Spanyol.

“Mobil F1 modern yang berpacu di sirkuit baru di ibu kota Spanyol, Madrid adalah prospek yang menarik. Seiring dengan pengenalan peraturan Formula 1 FIA 2026, yang dirancang dengan mempertimbangkan net-zero carbon pada tahun 2030, sangat menyenangkan melihat penyelenggara lokal menaruh fokus yang tajam pada kelestarian lingkungan,” ia menjelaskan.

Di sisi lain, pengumuman ini menghadirkan tanda tanya bagi Circuit de Barcelona-Catalunya, tuan rumah GP Spanyol sejak 1991. Barcelona akan terus menggelar Grand Prix setidaknya hingga tahun 2026 sesuai kontrak. Artinya bakal ada dua balapan di Spanyol dalam setahun kejuaraan.

F1 juga masih berdiskusi dengan Barcelona terkait masa depan mereka setelah 2026, mengisyaratkan kehadiran Madrid tidak serta-merta menggantikan perlombaan di Catalunya.

Artikel Tag: GP Spanyol, GP Madrid, F1 2024, F1 2026

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/gp-spanyol-resmi-pindah-ke-madrid-mulai-f1-2026
214  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini