Resmi Diluncurkan, Mobil Red Bull RB20 Kok Mirip Mercedes?

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 17 Feb 2024, 14:55 WIB
Red Bull

Para kru Red Bull berfoto dengan mobil RB20

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Acara peluncuran mobil Red Bull RB20 menjadi perbincangan publik karena sekilas memiliki penampilan yang serupa dengan jet darat Mercedes tahun lalu, W14.

Red Bull baru saja mengadakan acara perkenalan mobil F1 2024 mereka, RB20. Namun ada yang mencolok dari jet darat pabrikan berlogo dua banteng merah itu. Ini dikarenakan salah satu elemen desain RB20 menyerupai salah satu bagian dari mobil Mercedes di musim 2023, W14.

Prinsipal Die Roren Bullen, Christian Horner, mengakui pihaknya bekerja keras dalam membangun mobil RB20.

"Ada beberapa inovasi hebat pada mobil ini dan pastinya akan diteliti dalam beberapa minggu mendatang,” ucapnya dinukil dari Crash.

"Kreativitas sangat kuat dalam tim dan Anda dapat melihatnya dalam beberapa solusi yang mereka hasilkan. Ini bukanlah evolusi konservatif. Ada beberapa inovasi nyata pada mobil ini,” imbuh pria asal Inggris tersebut.

Detail menarik dari mobil RB20 yang disebut-sebut punya kemiripan bentuk dengan Mercedes yakni bagian inled sidepod vertikal. Komponen itu juga dilengkapi dengan bodywork mengembung serta setup cover pendingin mesin yang serupa.

Max Verstappen kemudian ditanya apakah benar timnya memang menggunakan ‘gaya Mercedes’ untuk mobil RB20.

"Saya masih akan menyebutnya gaya Red Bull. Tapi aku tahu maksudmu!” jawabnya.

Sementara itu Sergio Perez yang merupakan tandem Verstappen memuji keberanian pabrikan asal Austria dalam pendekatan desain mereka.

“Itu hanya menunjukkan rasa lapar yang kami miliki. Kami memiliki mobil yang dominan tahun lalu sehingga Anda tidak akan mengharapkan kami mengubah konsep sebanyak itu. Saya pikir Red Bull sangat berani melakukannya,” kata Perez.

Horner pun tak luput dari pertanyaan media soal desain mobil RB20 yang mirip-mirip dengan Mercedes W14.

"Ini bukan (perubahan) taktis, ini berdasakan pada kinerja dan apa yang kami lihat melalui alat simulasi kami,” tuturnya.

"Tentu saja mobil tersebut terlihat sangat berbeda di area tertentu dibandingkan tahun lalu. Hanya stopwatch yang bisa menjawabnya, tapi di dunia maya kami tidak akan berkomitmen untuk merancangnya jika kami tidak merasa itu lebih baik,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Mercedes, Red Bull, W14, RB20, F1 2023, F1 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/resmi-diluncurkan-mobil-red-bull-rb20-kok-mirip-mercedes
481  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini