Oscar Piastri Jadi Rookie Terbaik F1 2023 Berkat Jasa Sang Manajer

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 26 Jan 2024, 15:55 WIB
Oscar Piastri

Oscar Piastri

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Manajer Oscar Piasri, Mark Webber, berhasil membimbing Oscar Piastri yang musim lalu debut di F1 hingga akhirnya tampil mengesankan mulai pertengahan 2023.

Oscar Piastri diketahui mulai berkarier di F1 pada 2023 lalu. Semua orang menaruh harapan besar karena ia berseragam McLaren, tim papan tengah. Pebalap asal Australia tersebut juga bertandem dengan Lando Norris yang lumayan sering bersaing di barisan depan.

Selain itu, Piastri merupakan juara dunia F2 2021. Yang mengejutkan adalah keberhasilannya menjadi kampiun di kelas menengah pada tahun debutnya.

Ia lalu menjadi pebalap penguji Alpine pada 2022 karena tak ada kursi kosong di F1. Dirinya sempat ditunjuk sebagai pengganti Fernando Alonso untuk 2023, namun lebih memilih menandatangani kontrak bersama McLaren.

Saat tampil di GP Inggris 2023. Piastri mampu menduduki posisi keempat. Pencapaian ini menjadi awal dari prestasi membanggakan lainnya. Yang paling disorot adalah kemenangan sang pebalap di Sprint Race GP Qatar.

Di sisi lain, setiap pebalap muda membutuhkan tim yang selalu memberikan dukungan penuh. Hadirnya Andrea Stella sebagai Prinsipal McLaren yang baru ternyata berdampak positif pada Piastri. Stella tahu bagaimana memahami setiap pebalap sekaligus membantu mereka memaksimalkan potensi.

Lalu ada Mark Webber, manajer Piastri yang sekaligus orang paling berjasa dalam membimbing pebalap berusia 22 tahun itu. Webber yang punya segudang pengalaman di ajang jet darat berhasil menuntunnya untuk melewati tahun debut yang penuh tantangan.

"Secara keseluruhan, tentu saja, saya sangat, sangat, sangat bangga, sangat senang. Saya rasa dalam mimpi terliar kami, kami tidak pernah menyangka akan memulai musim dengan cara seperti itu. Namun, setelah bergaul dengan para pebalap terbaik di dunia, ia tahu bahwa masih banyak yang harus dilakukan,” kata Webber, dikutip dari Motorsport.com.

"Tidak pernah baik bagi seorang pebalap untuk tidak membalap, dengan waktu istirahat selama 15 bulan. Ia telah melakukan sedikit uji coba, tetapi tidak ada yang bisa menggantikan balapan. Ia tentu saja sering berada di belakang selama enam bulan pertama, saya pikir, meskipun ia tidak ingin menggunakan hal itu sebagai alasan, karena Oscar tidak mencari-cari alasan,” imbuhnya.

"Jelas, pada level ini, ini bukan bonus ketika Anda tidak melihat lampu selama 15 bulan atau lebih, pitstop dan semua hal semacam itu, safety car, ini hanya balapan, itulah intinya. Jadi, itu sedikit mengejutkan, betapa sakitnya jarak itu. Namun ia menghadapinya dengan tenang. Dan tim juga jelas kesulitan di awal balapan. Lalu balapan ketiga adalah balapan kandang. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan di awal secara psikologis baginya, yang ia tangani dengan sangat baik,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: Oscar Piastri, McLaren, F1 2024, mark webber, Andrea Stella, F1 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/oscar-piastri-jadi-rookie-terbaik-f1-2023-berkat-jasa-sang-manajer
277  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini