Legenda Socceroos Tim Cahill Akan Masuk Sport Australia Hall of Fame

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 05 Okt 2023, 19:59 WIB
Tim Cahill merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional pria Australia, dengan 50 gol dalam 108 penampilan internasional. (Foto: Socceros)

Tim Cahill merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional pria Australia, dengan 50 gol dalam 108 penampilan internasional. (Foto: Socceros)

Ligaolahraga.com -

Satu-satunya pemain Australia yang bermain di empat Piala Dunia FIFA, Tim Cahill, termasuk di antara tujuh orang yang dilantik ke dalam Sport Australia Hall of Fame (SAHOF).

Pada Rabu (4/10/2023), SAHOF mengumumkan angkatan 2023 yang akan dilantik ke dalam organisasi bergengsi itu pada acara tahunannya di Museum of Contemporary Art, Sydney, pada 16 Oktober mendatang.

Tim Cahill akan bergabung dengan lima atlet lainnya - peraih medali emas Olimpiade Kim Brennan, Lydia Lassila dan Nova Peris, legenda Paralimpiade Kurt Fearnley dan pemain hebat liga rugbi Johnathan Thurston - serta pelatih dayung Tim McLaren.

Satu-satunya pemain yang membela Socceroos di empat putaran final Piala Dunia FIFA - 2006, 2010, 2014, dan 2018 - Tim Cahill merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional pria, dengan 50 gol dalam 108 penampilan internasional.

Pemain berusia 43 tahun itu, yang merupakan pemain Australia pertama yang mencetak gol di Piala Dunia dan Piala Asia, mengatakan bahwa ia merasa sangat terhormat untuk dilantik menjadi anggota SAHOF.

"Bergabung dengan kelompok atlet yang luar biasa dari seluruh sejarah olahraga Australia membuat saya merasa bangga sekaligus berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam karier saya, terutama keluarga saya," kata Cahill dalam rilis media.

Pada 1996, Peris menjadi orang Aborigin Australia pertama yang pernah memenangkan medali emas Olimpiade, melakukannya bersama Hockeyroos, sebelum beralih ke atletik dan memenangkan dua medali emas di Commonwealth Games 1998.

Dia akan dilantik bersama Brennan, peraih medali emas di Olimpiade 2016, dan juara Olimpiade aerial skiing, Lassila.

Pemenang 13 medali Paralimpiade, termasuk tiga medali emas, dalam balap kursi roda, Fearnley pada 2018 menjadi atlet penyandang disabilitas pertama yang memenangkan The Don Award dari SAHOF, yang diberikan setiap tahun kepada atlet yang paling menginspirasi bangsa.

Artikel Tag: Tim Cahill

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/legenda-socceroos-tim-cahill-akan-masuk-sport-australia-hall-of-fame
225  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini