Gilberto Silva Sebut Arsenal Tidak Punya Sosok Pemimpin

Penulis: Fery Andriyansyah
Minggu 28 Jun 2020, 19:30 WIB
Gilberto Silva Sebut Arsenal Tidak Punya Sosok Pemimpin

Gilberto Silva. (Foto: Getty Images)

Berita Liga Inggris: Legenda Arsenal, Gilberto Silva, mengatakan mantan klubnya tidak memiliki sosok pemimpin di dalam dan di luar lapangan. Menurutnya, itu sangat berbeda jauh dengan tim The Gunners di eranya.

Gelandang bertahan asal Brasil itu tiba di London utara pada 2002 setelah membatu negaranya menjuarai Piala Dunia. Dan dalam waktu dua tahun, ia berhasil mengukir namanya dalam sejarah sepak bola Inggris setelah membantu Arsenal menjuarai Piala FA dan Premier League dengan label The Invincibles.

Gilberto kemudian memenangkan Piala FA kedua di bawah Arsene Wenger dan membantu The Gunners mencapai final Liga Champions 2006, di mana mereka dikalahkan 2-1 oleh Barcelona.

Namun, Arsenal goyang setelah itu mulai ditinggalkan pemain-pemain bintang mereka, termasuk Thierry Henry. Bahkan, Meriam London yang sekarang tidak mampu bersaing di empat besar Premier League dan berpotensi tidak bermain di kompetisi Eropa musim depan.

Berbicara di konferensi Collision From Home, Gilberto mengatakan: “Pada zaman kita, kita memiliki banyak pemimpin dalam tim, di lapangan dan di luar lapangan. Semua orang berbicara melalui bahasa tubuh mereka di lapangan, dan jujur, ini adalah sesuatu yang sangat saya rindukan di Arsenal dalam beberapa tahun terakhir.

“Sulit untuk mengatakan tentang kepemimpinan, karena dari apa yang saya pahami, mereka memiliki beberapa orang yang adalah pemimpin. Tetapi sulit untuk melihat dengan tepat bagaimana kepemimpinan ini berjalan.

"Ini akan menjadi pekerjaan yang sangat sulit bagi semua orang di klub — dewan, staf, dan para pemain — dan mereka semua harus bekerja bersama jika mereka ingin mengubah situasi.”

Arsenal memulai musim 2019-20 dengan Granit Xhaka sebagai kapten klub, tetapi gelandang internasional Swiss itu kehilangan ban kaptennya setelah mengumpat pendukungnya sendiri saat ditarik keluar dalam hasil imbang 2-2 dengan Crystal Palace di Emirates Stadium pada 27 Oktober. Pierre-Emerick Aubameyang kemudian mengambil alih tugas Xhaka sebagai pemimpin di skuat Mikel Arteta.

Artikel Tag: Gilberto Silva, Arsenal, Premier League

1083  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini