Chelsea Harus Ganti Formasi dan Beli Striker Anyar Jika Ingin Raih Gelar

Penulis: Ananda Barezilla
Rabu 06 Jan 2021, 19:45 WIB
Paul Merson sebut Chelsea tak akan bisa raih gelar Premier League jika hanya mengandalkan Giroud dan Abraham si posisi striker.

Frank Lampard (Foto: Getty)

Berita Liga Inggris: Paul Merson menyarankan Frank Lampard untuk mengganti formasi Chelsea saat ini dan membeli striker anyar secepatnya jika memang klub berambisi untuk raih gelar musim ini.

Chelsea saat ini tengah terseok-seok setelah di liga setelah hanya memetik satu kemenangan dari enam laga terakhirnya. Akibatnya, The Blues kini semakin menjauh dari papan atas, jatuh ke peringkat 9 klasemen sementara dengan raihan 26 poin dan membuat sang pelatih Frank Lampard berada di bawah tekanan.

Tekanan semakin bertambah mengingat dua pemain anyar klub yang datang di musim panas kemarin, Timo Werner dan Kai Havertz, belum juga mampu menunjukkan performa impresifnya.

Salah satu dugaan kenapa dua pemain asal Jerman itu tak mampu bermain baik adalah karena tidak cocok dengan skema formasi yang digunakan Frank Lampard saat ini. Lampard kerap menggunakan formasi 4-3-3 saat ini dan memainkan Havertz di posisi gelandang tengah, dimana mantan bintan Bayer Leverkusen itu dianggap bermain apik ketika berada di posisi gelandang serang di belakang striker. Begitu juga dengan Werner yang sering ditempatkan sebagai winger ketimbang dimainkan di posisi terbaiknya sebagai striker tengah.

Salah satu pundit Sky Sports Paul Merson kemudian menyarankan Lampard untuk mengganti formasi mereka supaya bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dari Havertz dan Werner.

"Mereka perlu menyingkirkan formasi 4-3-3, menempatkan Kai Havertz di belakang dua penyerang, menempatkan dua penyerang di depan," kata Merson dilansir dari Sky Sports. "Bermain dengan cara seperti itu [formasi 4-3-3] dan menyebabkan masalah tim, karena seperti keadannya sekarang, semuanya dapat diprediksi di Chelsea.

"Saya tidak tahu di mana posisi Werner bermain. Saya pikir mereka mungkin telah mengontraknya untuk bermain sebagai striker, tapi itu tidak berhasil, dan jika posisi terbaiknya adalah di posisi kiri, maka membutuhkan penyerang tengah baru," lanjutnya.

Klub yang berbasis di London Barat itu saat ini memiliki dua striker yang saling bersaing demi tempat di tim inti, yakni Olivier Giroud dan Tammy Abraham. Keduanya bermain cukup apik musim ini, dengan Giroud telah mencetak  9 gol dan Abraham 8 gol.

Namun Paul Merson merasa bahwa klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu tak bakal bisa meraih gelar Premier League hanya dengan mengandalkan dua striker itu.

"Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Olivier Giroud atau Tammy Abraham, tapi Anda tidak akan memenangkan Premier League bersama mereka sebagai striker," tambahnya.

"Giroud dan Abraham melakukannya dengan baik saat ini, tapi mereka tidak akan berada di enam daftar pencetak gol terbanyak Premier League musim ini, atau musim manapun."

Artikel Tag: Chelsea, Frank Lampard, Paul Merson

648  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini