Oleksandr Usyk Tolak Remehkan Tyson Fury Meski Terakhir Kurang Meyakinkan

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 06 Des 2023, 12:54 WIB
Oleksandr Usyk (kiri) dan Tyson Fury bertatap muka usai pertarungan Fury melawan Francis Ngannou. (Foto: Riyadh Season).

Oleksandr Usyk (kiri) dan Tyson Fury bertatap muka usai pertarungan Fury melawan Francis Ngannou. (Foto: Riyadh Season).

Ligaolahraga.com -

Juara kelas berat WBA, WBO, IBF dan Ring Magazine, Oleksandr Usyk (21-0, 14 KO) menolak untuk meremehkan Tyson Fury (34-0-1, 24 KO), meskipun pemegang gelar WBC itu tampil kurang meyakinkan dalam pertarungan terakhirnya.

Tyson Fury bertarung dalam pertarungan 10 ronde tanpa gelar melawan debutan tinju dan mantan juara kelas berat UFC Francis Ngannou di Arab Saudi pada 28 Oktober lalu. Sempat dipukul jatuh pada ronde ketiga, Fury meraih kemenangan angka split decision dalam pertarungan pertamanya dalam hampir satu tahun terakhir.

Itu merupakan penampilan yang membuat beberapa penggemar dan pengamat meremehkan peluang petinju Inggris berusia 35 tahun itu untuk menghadapi petinju kidal Ukraina, Oleksandr Usyk, 36 tahun.

Namun kubu mantan juara dunia kelas penjelajah sejati itu tidak menganggap enteng Tyson Fury saat mereka mempersiapkan diri untuk pertarungan blockbuster di Arab Saudi pada 17 Februari.

"Kami telah bekerja untuk mendapatkan pertarungan ini dalam waktu yang sangat lama dan akhirnya kami berhasil," kata manajer Oleksandr Usyk, Egis Klimas, dalam konferensi pers mingguan World Boxing Council di Mexico City.

"Jelas ini tidak akan menjadi pertarungan yang mudah. Ini mungkin akan menjadi pertarungan tersulit dalam karier Oleksandr.

"Dia percaya diri, namun pada saat yang sama dia juga tahu betul bahwa akan ada banyak hal yang harus dilakukan. Ia seorang pekerja keras, atlet yang baik dan petarung yang sangat bagus."

Oleksandr Usyk mengalami drama dalam laga terakhirnya saat ia harus memulihkan diri dari knockdown pada ronde kelima sebelum menghentikan perlawanan Daniel Dubois pada ronde kesembilan dalam laga mereka di Polandia bulan Agustus lalu.

Pukulan yang menjatuhkan Usyk dinilai sebagai "lowblow", namun itu membuat beberapa pihak mempertanyakan seberapa baik ia dapat menerima serangan ke arah tubuh.

Dengan tinggi 6 kaki 9 inci, Tyson Fury tidak dikenal sebagai pemukul ke arah tubuh dan menemukan lawan tanding dengan dimensi dan gaya yang sama dapat menjadi masalah bagi kubu Oleksandr Usyk.

"Tidak akan mudah untuk mendapatkan lawan tanding, karena Tyson Fury sangat tinggi, dengan jangkauan yang panjang dan dia memiliki gaya yang sangat canggung dan dia sangat berat, jadi ini akan menjadi tantangan terbesar," aku Klimas.

"Namun saya tidak ragu bahwa Oleksandr akan menang. Faktor yang akan menentukan adalah gerak kakinya, kecerdasannya, IQ tinjunya. Saya bahkan tidak akan mengatakan Fury memiliki kekuatan yang besar. Dia memiliki berat badan yang besar dan dia bersandar pada para petinju. Itulah cara dia mengalahkan mereka. Namun tidak akan mudah untuk mengalahkan Oleksandr.

"Jangan lupa bahwa sebagai juara kelas penjelajah, Oleksandr pernah memegang keempat sabuk juara. Tidak ada yang percaya bahwa ia dapat melangkah sejauh ini di kelas berat. Tidak ada yang percaya bahwa ia dapat masuk dan mendominasi kelas berat seperti yang sedang ia lakukan.

"Saya merasa diberkati untuk bekerja sama dengan Oleksandr. Tentu saja ini sangat berarti bagi saya. Ia manusia yang sangat baik, ia tidak memiliki rasa iri, ia selalu tersenyum, bahagia dan senang menyapa orang lain. Senang sekali bisa bersama Oleksandr. Ini akan menjadi pertunjukan yang hebat. Pertunjukan terbesar!"

Artikel Tag: oleksandr usyk, Tyson Fury

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/oleksandr-usyk-tolak-remehkan-tyson-fury-meski-terakhir-kurang-meyakinkan
367  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini