Ketika Kei Nishikori Tundukkan Para Juara Grand Slam Ini

Penulis: Dian Megane
Rabu 30 Des 2020, 23:02 WIB
Kei Nishikori [kiri] pernah mengalahkan Federer, Nadal, dan Djokovic

Kei Nishikori [kiri] dan Roger Federer [kanan] ketika bertemu di ATP Finals 2019

Berita Tenis: Petenis nomor wahid Jepang, Kei Nishikori kemarin (29/12) menginjak usia 31 tahun dan selama berkiprah di dunia tenis, ia telah mencatatkan banyak pencapaian.

Untuk merayakan hari jadinya, mari kita kenang saat runner up US Open musim 2014 secara mengejutkan berhasil menundukkan Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic.

Mantan petenis peringkat 4 dunia dikenal untuk menciptakan momen tenis penuh keajaiban. Dengan mengalahkan Nadal demi memenangkan medali perunggu di Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016, ia membawa dunia tenis Jepang menuju kegemilangan setelah 96 tahun.

Namun sejak memenangkan medali tersebut, petenis peringkat 41 dunia mengalami cedera yang konsisten pada pundak kanannya. Kemenangan di Brisbane International musim 2019 menjadi kemenangan gelar pertamanya setelah kalah di sembilan final secara beruntun sejak Februari 2016.

Setelah itu, cedera masih menghantui Nishikori bahkan sampai musim 2020. Di sepanjang musim 2020, ia hanya mengantongi dua kemenangan dengan empat kekalahan.

Namun, petenis yang telah mengantongi 12 gelar telah pulih dan siap untuk mengawali musim 2021 dengan performa meyakinkan. Menggunakan peringkat yang dilindungi, ia akan mewakili Jepang untuk berkompetisi di ATP Cup pada Februari 2021.

Petenis yang sampai saat ini menjadi satu-satunya petenis Jepang yang terkualifikasi di ATP Finals, telah bertemu Tiga Besar sebanyak 42 kali. Di antara sekian banyak pertandingan tersebut, ia hanya memenangkan tujuh di antaranya. Tetapi ia berhasil memperlihatkan performa yang memukau.

Di antara Tiga Besar, ia mencetak kemenangan paling banyak melawan Federer. Pada musim 2019, ia berhasil mengalahkan Federer dengan dua set langsung di ATP Finals.

Sementara itu, Djokovic sampai saat ini masih mendominasi head to head melawan Nishikori. Ia terakhir kali mengklaim kemenangan atas Djokovic pada musim 2014 di semifinal US Open dengan empat set.

ATP Tour merayakan ulang tahun petenis berkebangsaan Jepang dengan membagikan video kompilasi tentang dirinya dengan caption, “Seorang pria yang bisa membuat keajaiban melawan para petenis terbaik.”

Sementara itu, Nishikori akan menantikan untuk menebus semua peluang yang hilang selama beberapa musim terakhir dengan tampil di ATP Cup musim 2021 sebelum menuju Australian Open.

Artikel Tag: Tenis, Kei Nishikori, Roger Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic

657  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini