Cedera Ancam Langkah Rafael Nadal Di Australian Open Musim 2021

Penulis: Dian Megane
Minggu 07 Feb 2021, 20:48 WIB
Rafael Nadal masih harus menangani cedera kurang dari 24 jam sampai dimulainya Australian Open

Rafael Nadal ketika melakoni sesi latihan di Melbourne musim 2021

Berita Tenis: Keraguan tengah menyelimuti peluang Rafael Nadal untuk memenangkan Australian Open karena ia masih mengatasi masalah pada punggung kurang dari 24 jam sebelum Grand Slam tersebut dimulai.

Petenis peringkat 2 dunia terpaksa mundur dari ATP Cup awal pekan ini setelah mengalami hal yang ia deskripsikan sebagai ‘sumbatan’ pada punggungnya. Ia telah terganggu akbat masalah tersebut sejak ia melakoni salah satu sesi latihan di Adelaide, tempat ia menghabiskan kewajiban karantinanya.

Sejauh ini, juara French Open musim 2020 baru melakoni satu pertandingan kompetitif ketika ia berpartisipasi di ajang eksibisi yang digelar di Adelaide dan mengalahkan juara US Open musim 2020, Dominic Thiem dengan dua set langsung pada akhir bulan lalu.

Terkait kondisi kesehatan terakhirnya, petenis yang telah memenangkan 20 gelar Grand Slam melakukan semua hal yang bisa ia lakukan agar siap untuk melakoni Grand Slam pertama musim 2021, tetapi ia masih tetap memiliki kekhawatiran.

“Betul bahwa dalam 15 hari terakhir saya mengalami sedikit masalah dengan punggung saya,” aku Nadal.

“Saya telah sedikit berusaha untuk servis lagi. Saya melakukan semua hal yang memungkinkan agar siap untuk melakoninya (Australian Open). Hanya itu yang bisa saya katakan. Saya masih berharap untuk terus membaik dan semoga siap melakoninya.”

Petenis berusia 34 tahun menyatakan bahwa perasaan positif dalam beberapa terakhir mulai memudar gara-gara cedera teranyarnya. Masih belum jelas apa sebenarnya yang terjadi pada punggungnya.

Ia menjelaskan bahwa salah satu ototnya terasa tegang, oleh karena itu, hal tersebut mempengaruhi gerakannya di lapangan. Saat ini, ia masih menerima perawatan dari dokter dan fisionya.

“Saya pikir, saya telah berlatih dengan baik selama berpekan-pekan dan saya kecewa tentang hal yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir,” tambah Nadal.

“Perasaan positif yang saya miliki dalam satu setengah sampai dua pekan lalu kini memudar sedikit demi sedikit, karena saya tidak bisa segera berlatih. Di waktu yang sama, saya masih belum mendapatkan perasaan terbaik pada punggung saya.”

Petenis yang kalah dari Thiem di perempatfinal Australian Open musim 2020 akan mengawali Australian Open musim ini dengan melawan Laslo Djere yang akan menjadi pertemuan pertama kedua petenis.

Hal yang mungkin menjadi penghibur bagi petenis yang baru satu kali memenangkan Australian Open adalah ia telah terbiasa menghadapi cedera, baik selama mau pun sebelum turnamen berlangsung.

“Tentu, bukan situasi ideal untuk mengawali turnamen dengan masalah, terutama untuk turnamen yang menuntut seperti ini, bermain lima set terbaik,” tambah Nadal.

“Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan adalah tetap berpikir positif, berusaha keras dalam pemulihan, melakukan semua hal yang bisa saya lakukan dengan harapan situasinya akan membaik.”

Nadal akan mengawali Grand Slam di Melbourne pada hari Selasa (9/2) dan akan berusaha memenangkannya untuk kali pertama sejak musim 2009.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Rafael Nadal

769  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini