Muay Thai Akan Jadi Cabang Olahraga Demonstrasi Di Olimpiade Paris

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 26 Mei 2024, 19:20 WIB
Buakaw Banchamek (kanan) akan tampil dalam demonstrasi Muay Thai di Olimpiade Paris. (Foto: Muay Thai News)

Buakaw Banchamek (kanan) akan tampil dalam demonstrasi Muay Thai di Olimpiade Paris. (Foto: Muay Thai News)

Ligaolahraga.com -

Muay Thai akan dimasukkan sebagai cabang olahraga demonstrasi di Olimpiade 2024 di Paris, Federasi Internasional Asosiasi Muay Thai (IFMA) mengkonfirmasi pada hari Kamis (23/05) dalam sebuah konferensi pers di Bangkok.

Selama penyelenggaraan pesta olahraga itu, Muay Thai akan tampil dalam program sampingan di Olympic Park dimana para penonton dapat terlibat dengan olahraga ini.

Sebuah lokakarya khusus Muay Thai akan diselenggarakan di Boxing House di Olympic Park selama lima hari, dengan tanggal 5-6 Agustus sebagai titik fokus.

Stadion Muay Thai yang dibangun secara khusus di Club France akan menampilkan dua hari penuh pertandingan penuh aksi, dengan 10 jam pertandingan setiap harinya, yang menampilkan para atlet dari 24 negara.

IFMA juga telah mengorganisir demonstrasi virtual yang menampilkan para petinju Muay Thai untuk menyoroti esensi dan kerumitan olahraga ini.

Bersamaan dengan laga-laga tersebut, pertunjukan pipa dan drum tradisional Muay Thai, serta ritual Wai Khru akan memberi kesempatan bagi para penonton untuk larut dalam warisan budaya yang kaya dari olahraga ini.

Juara K-1 World MAX dua kali, Buakaw Banchamek, akan menghadiri ajang ini dan berpartisipasi dalam upacara Wai Khru.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengakrabkan para pejabat dari berbagai negara dengan asal-usul dan makna penting dari Muay Thai, yang menandai sebuah langkah penting menuju potensi inklusi di masa depan dalam Olimpiade Musim Panas.

Shinawatra Paetongtarn, wakil ketua Komite Strategi Kekuatan Lunak Nasional Thailand, mendorong Muay Thai untuk menjadi cabang olahraga Olimpiade, menurut laporan Bangkok Post.

Paetongtarn menguraikan tujuannya untuk memperkuat posisi Muay Thai sebagai salah satu alat soft power Thailand melalui berbagai strategi, seperti inklusi dalam Olimpiade. "Kami akan memiliki kesempatan untuk mendukung petinju Muay Thai yang mewakili Thailand di Olimpiade suatu hari nanti," kata sang pelatih melalui Facebook.

Ia dan timnya akan mencoba membuat Muay Thai lebih populer di kalangan orang asing melalui inisiatif lain, seperti memperkenalkan sistem peringkat yang mirip dengan sistem peringkat sabuk Taekwondo. Ia juga berbicara tentang cara-cara untuk membantu para guru Muay Thai menjadi lebih profesional dan bagaimana mempromosikan lebih banyak kompetisi Muay Thai di semua tingkatan.

Artikel Tag: olimpiade

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/muay-thai-akan-jadi-cabang-olahraga-demonstrasi-di-olimpiade-paris
1495  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini