Tim Satelit Bisa Diuntungkan Berkurangnya Jadwal MotoGP 2020

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 10 Apr 2020, 20:50 WIB
Tim Satelit Bisa Diuntungkan Berkurangnya Jadwal MotoGP 2020

Miguel Oliveira, Tech 3 KTM

Berita MotoGP: Bos Tim KTM Tech 3, Herve Poncharal mengungkapkan bahwa pengurangan jadwal balapan kompetisi MotoGP bisa membuat tim satelit memberikan banyak kejutan.

Pebalap dari tim pabrikan dinilai akan mendapatkan keuntungan lebih besar dibandingkan dengan tim satelit jika MotoGP 2020 telah dilangsungkan. Hal ini dikarenakan para pebalap tim pabrikan yang akan menerima peningkatan teknis terlebih dahulu.

Namun MotoGP 2020 vakum untuk sementara waktu akibat pandemi virus corona (Covid-19). Tim pabrikan sesperti Honda, Ducati, Yamaha, dan KTM yang mendukung tim satelit memiliki banyak waktu untuk memproduksi semua bagian terbaru yang dibutuhkan dalam balapan pembuka.

Dengan demikian, tidak akan ada lagi alasan untuk pebalap Petronas Yamaha, Pramac Ducati, Tech 3 KTM dan LCR Honda untuk tidak memiliki spesifikasi yang sama persis dengan tim pabrikan. Meskipun, para rider independen tetap akan menjalankan mesin berusia tahunan.

Saat kompetisi berlangsung nanti, tim pabrikan hanya punya sedikit waktu untuk mendesain dan memberikan perkembangan baru berdasarkan data balapan.

Artinya, motor tim pabrikan bisa sedikit berubah dari awal hingga akhir balapan. Dalam prakteknya, bos Tech3 Herve Poncharal tak yakin akan ada perubahan signifikan dalam hasil balapan dibandingkan dengan jika MotoGP 2020 berjalan sesuai jadwal.

Oleh karena itu, ini menjadi kesempatan bagus bagi para pebalap tim satelit untuk bisa menunjukkan performa terbaiknya.

"Sulit untuk dikatakan, tetapi mengapa tidak? Lingkungan yang berbeda dapat mengubah beberapa hal," ucap Poncharal dilansir dari Crash.

"Tetapi, saya pikir kami sudah bisa melihat potensi masing-masing pabrikan dan pebalap selama tes pramusim. Saya tidak begitu yakin itu akan berubah secara dramatis dari apa yang kita pikirkan akan terjadi musim ini sebelum terjadinya pandemi Covid-19," ujar Poncharal.

"Akan tetapi jika pengurangan seri balap MotoGP 2020 membantu pebalap satelit menciptakan kejutan, banyak orang akan senang."

Musim lalu, ada tiga pebalap tim satelit yang telah meramaikan persaingan podium MotoGP. Fabio Quartararo sukses merengkuh 7 kali podium, Jack Miller 5 kali, dan Cal Crutchlow sebanyak 3 kali.

Sementara pengembangan mesin dan aerodinamis resmi dibekukan hingga musim depan. Artinya para pebalap akan tetap mendapatkan spesifikasi motor tahun 2020 saat berlaga di MotoGP 2021 nanti.

Artikel Tag: motogp 2020, Jadwal MotoGP, Virus Corona

1209  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini