Cuma Menang Sekali Musim Ini, Yamaha Putuskan Rombak Tim

Penulis: Datuk Nofri
Kamis 08 Nov 2018, 10:45 WIB
Cuma Menang Sekali Musim Ini, Yamaha Putuskan Rombak Tim

Managing Director tim Yamaha MotoGP Lin Jarvis mengungkapkan bila timnya akan segera melakukan perombakan untuk menghadapi musim depan (Image: MotoGP)

Berita MotoGP: Tim Yamaha MotoGP mengumumkan akan segera merombak tim mereka setelah terseok-seok musim ini dengan baru mencatat satu kemenangan saja.

Tim Yamaha harus mengalami periode paceklik gelar juara terlama yang terentang sejak Juni 2017 hingga Oktober 2018 atau mereka tak sekalipun meraih kemenangan pada 25 seri grand prix yang mereka ikuti selama kurun waktu itu.

Kemenangan terakhir Yamaha tercipta pada seri ke-17 di Australia pada pekan terakhir Oktober lalu melalui Maverick Vinales.

Sebelumnya, tim Yamaha harus berlapang dada menyaksikan dua tim rival utama mereka yaitu Honda dan Ducati saling bergantian merebut kemenangan.

Hal itu disampaikan oleh Managing Director Yamaha MotoGP, Lin Jarvis, yang menyebut bila tim pabrikan asal Iwata itu telah terlempar jauh dari persaingan sehingga memaksa mereka untuk melakukan perombakan tim.

Salah satu langkah lain yang akan diambil Yamaha adalah untuk memperkerjakan sejumlah engineer baru baik yang diambil dari sumber daya internal tim itu maupun yang direkrut dari sumber daya eksternal.

“Kami akan merekrut lebih banyak lagi engineer. Sejauh ini kami telah mengadakan sejumlah rapat untuk melakukan pembahasan, evaluasi serta investigasi untuk proyeksi langkah kami ke depan,” terang pria asal Inggris ini.

Selain itu Yamaha akan berusaha untuk membenahi performa motor Yamaha YZR-M1 seperti yang dikeluhkan oleh duo Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales sejak awal musim ini.

Tak cukup hanya itu, Vinales juga akan mengganti kepala mekaniknya yaitu dengan mendatangkan Esteban Garcia untuk menggantikan Ramon Forcada.

Sedangkan Wilco Zeelenberg yang selama ini menjadi pelatih mantan pebalap Suzuki itu akan dialihtugaskan untuk menangani tim satelit baru mereka yaitu tim SIC. Vinales selanjutnya akan ditangani oleh Julian Simon yang pernah meraih gelar juara di kelas 125cc.

“Bisa kami simpulkan bila tim kami telah terlempar jauh dari persaingan musim ini. Kini kami memiliki banyak hal yang harus kami kerjakan agar kami bisa siap menghadapi musim depan,” pungkas Jarvis.

Artikel Tag: Lin Jarvis, Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, Maverick Vinales

9105