MotoGP 2020 Bukti Repsol Honda Hancur Tanpa Marc Marquez

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 08 Jan 2021, 01:01 WIB
Marc Marquez, Repsol Honda

Marc Marquez

Berita MotoGP: Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, menilai bahwa Repsol Honda terbukti hancur saat tak dibela Marc Marquez di MotoGP 2020

Tim Repsol Honda mengalami krisis performa di sepanjang musim lalu. Skuat juara bertahan tersebut mendadak jadi tim medioker, bahkan sama sekali tak pernah meraih kemenangan.

Kondisi sulit yang dialami Honda ini dikarenakan mereka tidak diperkuat sang pebalap andalan sekaligus juara dunia bertahan, Marc Marquez.

Kehadiran Marquez di tim pabrikan Honda itu memang sentral. Tak bisa dipungkiri bahwa rider asal Spanyol tersebut adalah sosok penting Honda dalam melanggengkan dominasi pada beberapa musim terakhir ajang balap MotoGP.

Sejak debut pada tahun 2013 silam, Marquez selalu tampil kuat dengan meraih enam gelar juara dunia MotoGP. Kendati demikian, dominasi Marquez di kelas balap tertinggi runtuh untuk kali kedua setelah mendapat cedera patah lengan di lengan kanannya.

Gelar juara dunia MotoGP pun jatuh ke tangan Joan Mir yang tampil konsisten bersama tim Suzuki Ecstar sepanjang tahun 2020. Absennya Marquez juga membawa dampak besar bagi Honda.

Tanpa Marquez, skuat berlogo Sayap Tunggal itu tak mampu berbicara banyak melalui dua pebalap mereka, Alex Marquez dan Stefan Bradl.

Pencapaian terbaik Honda ialah meraih dua podium MotoGP 2020 melalui Alex Marquez yang notabene adalah adik kandung Marc Marquez. Tak sedikit pihak yang terkejut usai melihat performa Repsol Honda tanpa Marquez sepanjang musim lalu, tak terkecuali Paolo Ciabatti.

Paolo Ciabatti menilai, MotoGP 2020 bisa menjadi bukti bahwa Honda bisa hancur tanpa kehadiran Marquez. Tak hanya itu, pria asal Italia tersebut juga tidak segan menyebut Marquez adalah satu-satunya orang yang bisa membuat perbedaan besar untuk Honda.

"Ketika Anda memasukkan Marc Marquez dalam permainan ini, kami berbicara tentang rider yang luar biasa, saya tidak ingin merendahkan semua orang di Honda," ucap Paolo Ciabatti sebagaimana dikutip Corsedimoto.

"Namun, saya pikir musim 2020 telah menunjukkan bahwa Marc telah membuat perbedaan besar untuk Honda selama bertahun-tahun. Tidak bisa disangkal, Marc telah menjadi sosok kunci untuk tim pabrikan Honda selama enam atau tujuh tahun ini," jelasnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda, Ducati

1757  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini