Kandidat Rider Pengganti Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 02 Jun 2021, 14:50 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Petronas Yamaha SRT dikabarkan sudah mulai membidik nama-nama rider yang diproyeksikan bakal menjadi pengganti Valentino Rossi.

Valentino Rossi memang terus menjadi sorotan lantaran performanya yang tak kunjung membaik di sepanjang musim MotoGP 2021 ini. Meski sejauh ini Rossi masih belum mengumumkan apapun mengenai masa depannya sebagai pebalap MotoGP, beberapa media bahkan sudah mulai menganalisis calon suksesornya.

Sebelumnya, Rossi pernah mengungkapkan bahwa dirinya bakal mengabarkan keputusannya untuk bertahan atau pensiun setelah menjalani sembilan balapan MotoGP 2021.

Saat ini, kejuaraan dunia MotoGP 2021 sudah melangsungkan enam balapan. Berarti masih ada tiga balapan lagi sebelum The Doctor menyampaikan keputusannya. Satu hal yang sudah bisa dipastikan Rossi adalah dia bakal memiliki tim balap sendiri pada MotoGP 2022.

Hanya saja, Rossi masih belum memutuskan pabrikan mana yang akan menyuplai motor untuk tim VR46-nya. Sumber terkini menyatakan bahwa VR46 kian dekat dengan Ducati. Dengan kehadiran tim VR46 bakal memberi kemungkinan bagi para penggemar Rossi untuk melihat idolanya berada di paddock MotoGP meski sudah pensiun.

Di sisi lain, tim Petronas Yamaha SRT dikabarkan telah mengantongi nama calon pengganti The Doctor andai rider asal Italia itu sudah memutuskan pensiun.

Dilansir dari media Italia, Corsedimoto, kandidat utama pengganti Rossi di Yamaha SRT adalah Jake Dixon yang merupakan pebalap Moto2 yang saat ini membela tim Petronas Sprinta Racing.

Saat ini, penampilan Jake Dixon masih jauh dari kata gemilang, apalagi pantas menjadi suksesor Valentino Rossi. Sebab, sepanjang berkarier di Moto2, pebalap Inggris itu belum pernah finis di posisi podium.

Dia juga jauh dari kandidat peraih gelar juara dunia Moto2 2021 karena baru menempati posisi ke-18 klasemen sementara pebalap. Kendati demikian, Petronas Yamaha SRT telah membuktikan bahwa mereka sangat jeli dalam melihat bakat pebalap.

Sebelumnya, mereka sukses mengorbitkan Fabio Quartararo sebagai pebalap mereka pada tahun 2019. Quartararo yang kurang bersinar di Moto2 sempat mendapat komentar miring dan diprediksi bakal kewalahan bertarung di kelas tertinggi.

Namun fakta berkata sebaliknya, Quartararo justru tampil melesat menjadi salah satu rider papan atas di MotoGP. Perlahan, Quartararo menjelma salah satu bintang baru MotoGP dan kerap bersaing sengit dengan Marc Marquez.

Pada musim perdananya di kelas MotoGP, Quartararo berhasil meraih tujuh podium meski tanpa kemenangan. Selain itu, enam kali menjadi pole sitter juga merupakan prestasi membanggakan tersendiri bagi Quartararo.

Kini ia dipercaya menjadi pebalap tim pabrikan Yamaha bertukar posisi dengan Rossi. Quartararo kini juga menjadi kandidat terkuat juara usai memimpin klasemen sementara MotoGP 2021.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Jake Dixon, MotoGP 2021, Petronas Yamaha SRT

15030  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini