Honda Temukan Jalan Keluar dari Krisis di Menit-menit Akhir Tes Pramusim

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 25 Feb 2020, 16:55 WIB
Honda Temukan Jalan Keluar dari Krisis di Menit-menit Akhir Tes Pramusim

Marc Marquez, Repsol Honda.

Berita MotoGP: Marc Marquez mengaku temukan solusi permasalahan krisis motor RC213V 2020 di penghujung waktu jelang berakhirnya tes pramusim MotoGP 2020.

Honda mengalami masalah serius dalam pengembangan motor RC213V teranyar mereka. Bukan mengalami kemajuan, para pebalap Honda justru gagal tampil kompetitif.

Bahkan dari keempat ridernya, hanya Takaaki Nakagami yang masuk posisi 10 besar pada hari kedua tes pramusim Qatar, Minggu (23/2). Ironisnya, Nakagami justru menggunakan motor Honda versi 2019.

Hal ini membuat membuat Honda mengambil langkah besar untuk mengatasi krisis yang dihadapi. Satu motor RC213V 2019 milik Nakagami dibawa ke garasi Marc Marquez untuk dibandingkan secara langsung.

Seperti dilansir dari The-Race, Marc Marquez baru menjajal motor Nakagami saat tes pramusim hanya menyisakan waktu dua jam.

Tak hanya menjajal motor lawas, Honda juga membangun motor hybrid dengan membuat kombinasi antara mesin 2020 dan paket aero (bodywork dan fairing) 2019.

Keputusan ini pun akhirnya membuahkan hasil. Marquez mengaku sudah menemukan komponen yang pas untuk motor barunya tersebut.

"Kami menemukan jalan keluar pada hari terakhir. Honda memusatkan seluruh usaha mereka di box saya dan kami menemukan solusinya," ungkap Marquez.

Marquez tidak segan mengakui bahwa seluruh komponen baru yang dibawa Honda dalam tes pramusim kali ini tidak bekerja dengan baik.

"Kami mencoba berbagai macam sasis pada akhirnya karena semua yang kami lakukan selama tes pramusim tidak berhasil. Sekarang kami menemukan masalahnya, kami perlu mencoba kembali banyak hal, seperti sasis, yang sudah kami coba sebelumnya," jelasnya.

Marquez mengalami kemajuan pesat dalam hal catatan waktu. Dia naik ke posisi tujuh dengan torehan terbaik 1 menit 54,149 detik. Hasil tersebut juga dirasakan Cruchlow.

Pebalap asal Inggris ini menjajal motor hybrid pada jam terakhir dan untuk pertama kalinya mampu menembus waktu lap 1 menit 54 detik.

Artikel Tag: Marc Marquez, motogp 2020, Honda

1844  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini