Danilo Petrucci Kaget Tak Dilibatkan dalam Pengembangan Motor KTM RC16

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 23 Jan 2022, 23:10 WIB
Danilo Petrucci

Danilo Petrucci

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Eks pebalap MotoGP, Danilo Petrucci, mengaku kecewa dengan KTM karena tidak dilibatkan dalam pengembangan motor RC16 meski ia berpengalaman di kelas utama.

Pada MotoGP 2021, KTM menghadapi musim perdananya tanpa status konsesi yang membuat mereka harus mempersiapkan segalanya sejak awal kejuaraan dimulai. Pasalnya, pada tahun-tahun sebelumnya, pabrikan asal Austria itu bebas melakukan perubahan di tengah musim jika menemukan sesuatu yang kurang cocok dengan motor.

Pada musim lalu, KTM tampak kesulitan melanjutkan performa apiknya seperti pada 2020. Akibatnya mereka jarang terlibat persaingan di barisan depan. Selain itu, setiap pabrikan yang tak bestatus non-konsesi memiliki jumlah mesin yang terbatas sepanjang MotoGP 2021.

Terlepas dari semua masalah yang dihadapi, tim tersebut ternyata enggan memanfaatkan pengalaman yang dimiliki Danilo Petrucci, yang sudah bertahun-tahun menjadi bagian dari Ducati. Pebalap asal Italia itu pun mengaku kecewa karena tidak dilibatkan dalam pengembangan motor RC16.

“Ya, saya sangat terkejut tidak dilibatkan dalam pengembangan motor,” kata Petrucci.

“Saya mencoba membawa pengalaman saya kepada mereka. Tetapi setelah balapan keenam atau ketujuh, Anda memutuskan untuk mendengar pebalap lain dalam pengembangan lebih lanjut,” ia melanjutkan.

“Anda hanya ingin mempertahankan apa yang mereka berikan. Jadi, saya tidak berguna bagi mereka dalam hal itu,” tambahnya.

Danilo Petrucci ternyata tidak masuk dalam proyek masa depan KTM karena pabrikan tersebut ragu dengan arah pengembangannya. Pasalnya, pria berusia 31 tahun itu memiliki gaya balap yang berbeda dengan duo rider tim pabrikan KTM, Miguel Oliveira dan Brad Binder. Postur tubuhnya yang lebih besar juga membuat motor akan berperilaku berbeda dengan rider yang punya tubuh lebih kecil.

“Tentu saja, fakta bahwa saya memiliki berat 15 sampai 20 kilogram lebih besar dari pebalap lain,” ujar Petrucci.

“Tapi di sisi lain, saya memiliki enam tahun pengalaman dengan pabrikan lain dan telah menjadi pebalap pabrikan selama bertahun-tahun. Saya mencoba untuk memainkannya, tetapi itu tidak terjadi,” ia menjelaskan.

Namun, Petrucci mengaku meninggalkan KTM dengan perasaan bangga karena mereka telah memberikannya kesempatan setelah didepak oleh Ducati. Bahkan, pabrikan tersebut mensponsorinya dalam ajang Reli Dakar 2022.

Pada bulan Februari mendatang, ia dijadwalkan akan menjalani tes dengan motor Superbike Ducati. Mulai April, kabarnya ia bakal berkompetisi di kejuaraan MotoAmerica Superbike bersama Ducati Team Warehouse.

Artikel Tag: Danilo Petrucci, ktm, Tech3, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/danilo-petrucci-kaget-tak-dilibatkan-dalam-pengembangan-motor-ktm-rc16
667  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini