Bos KTM Tak Setuju Honda dan Yamaha Dapat Hak Konsesi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 19 Agu 2023, 21:40 WIB
KTM, Pit Beirer

Pit Beirer

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos KTM, Pit Beirer, menentang gagasan Dorna Sports untuk memberikan hak konsesi kepada Honda dan Yamaha dengan alasan mereka bukanlah pendatang anyar.

Gagasan Dorna Sports, promotor MotoGP, untuk memberikan hak konsesi kepada Honda dan Yamaha pada MotoGP menuai pro dan kontra. Ducati dan Aprilia tak setuju, dengan KTM sebagai pihak yang paling menentang.

Pabrikan asal Austria itu beranggapan bahwa Dorna Sports terlalu memanjakan dua raksasa asal Jepang. Di samping punya sejarah panjang di ajang kelas utama, Honda dan Yamaha bagaimanapun juga menguasai pasar motor dunia.

Namun penurunan performa yang mereka derita memunculkan rumor bahwa keduanya mempertimbangkan keputusan untuk mundur dari kejuaraan. Adapun soal aturan konsesi, pabrikan yang punya hak istimewa ini pada dasarnya bakal mendapatkan keuntungan lebih besar dalam pengujian motor.

Mesin motor pabrikan yang memiliki hak konsesi juga tidak dibekukan saat kejuaraan berlangsung sehingga pemutakhiran bisa dilakukan tanpa batasan. Yamaha dan Honda sendiri merupakan dua pabrikan yang belum pernah merasakan aturan ini.

"Saya punya pendapat yang sangat jelas dan tegas tentang konsesi, dan kami tidak akan mengubahnya," ungkap Beirer dikutip dari BolaSport.com.

"Aturannya kan sudah jelas ya, jika Anda adalah pabrikan pendatang baru (di MotoGP), maka Anda mendapatkan konsesi."

"Tetapi Honda dan Yamaha, ya Tuhan, mereka bukanlah pendatang baru," lanjutnya dengan nada kesal.

Beirer lalu membandingkan situasi Honda dan Yamaha dengan timnya sendiri yang malah belum pernah mencicipi kemenangan sama sekali pada 2023, tak seperti Honda yang sudah menang sekali lewat Alex Rins saat turun di MotoGP AS.

Ia juga mengisahkan perjuangan keras KTM dalam meraih kemenangan pertama mereka pada 2020 setelah pertama kali berkompetisi di MotoGP pada 2017. Pabrikan konsesi otomatis kehilangan hak istimewa ini usai mencetak podium utama atau jika telah melewati akumulasi poin konsesi yang didapat dengan finis tiga besar.

Oleh sebab itulah Pit Beirer merasa tidak seharusnya hak konsesi diberikan kepada Honda dan Yamaha.

"Kesuksesan mereka (Honda dan Yamha) juga belum lama terjadi. Honda sudah memenangi satu balapan musim ini, sedangkan kami belum. Apakah motor mereka sejelek itu? Mereka memenangkan seri Amerika tahun ini,” katanya.

"Kemudian Yamaha pun meraih dua podium, lalu memenangi gelar juara dunia (2021) dengan Quartararo," ia menegaskan.

Artikel Tag: Honda, yamaha, ktm, Pit Beirer, motogp 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/bos-ktm-tak-setuju-honda-dan-yamaha-dapat-hak-konsesi
2853  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini