Aleix Espargaro Ungkap Kunci Performa Ciamiknya di Sesi Latihan Bebas Kedua

Penulis: Senja Hanan
Sabtu 21 Nov 2020, 16:16 WIB
Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro. (Images: AFP)

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro. (Images: AFP)

Berita MotoGP:Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro tampil cukup baik pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Portugal. Espargaro berhasil finis di peringkat ketiga.

Di atas motor Aprilia RS-GP, Espargaro terpaut 0,228 detik dari waktu terbaik satu menit 39,417 detik yang diciptakan Johann Zarco dari tim Esponsorama Racing dengan motor Ducatinya pada sesi latihan bebas kedua.

Sedangkan Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha 0,1 detik lebih cepat di peringkat kedua. MotoGP menyambangi Portimao untuk pertama kalinya sejak GP Portugal terakhir digelar di Estoril pada 2012.

"Sirkuit ini benar-benar berbeda dari sirkuit manapun di dunia," kata Aleix Espargaro seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Ini sedikit mengingatkan saya ketika pertama kali pada usia 15 tahun di Mugello, tanjakan dan turunan ini serta tikungan konsekutifnya. Ini adalah trek yang sulit. Biasanya di sirkuit baru, kalian melaju tiga atau empat putaran itu cukup untuk memahami sepenuhnya, tapi di sini itu tidak mungkin."

"Kalian perlu dua jam untuk memahami titik pengereman, akselerasi, banyak tikungan buta. Ini fantastis, sangat menyenangkan melaju di tiap putaran. Saya senang berada di sini."

Lorenzo Savadori, yang menggantikan Bradley Smith, juga sempat mencatatkan waktu tercepat keempat di sesi latihan pertama yang membuktikan Aprilia cukup kompetitif di hari pertama.

"Tahun ini, kami menemui kesulitan dalam akselerasi. Di setiap akselerasi saya kehilangan beberapa torsi di bagian bawah mesin. Di Portimao kalian tidak bisa tancap gas karena motor akan wheelie, kemudian ada tanjakan dan turunan, tikungan ke kiri dan ke kanan," Espargaro menambahkan.

"Jadi kurang lebih hanya delapan persen dari setiap putaran kalian melaju dengan kecepatan penuh. Itulah kenapa kami tidak begitu kewalahan dengan mesin dan saya bisa katakan sasis RS-GP 20 sangat baik digunakan untuk membelok, titik terkuat dari motor ini."

"Dan saya rasa Portimao membutuhkan motor yang baik dalam menikung dan Aprilia untuk saat ini kompetitif di sini," pungkas Espargaro.

Artikel Tag: MotoGP Portugal, Aleix Espargaro

424  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini