Max Verstappen Nilai Safety Car Aston Martin Melaju Terlalu Lambat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 12 Apr 2022, 04:10 WIB
Safety Car Aston Martin

Safety Car Aston Martin Memimpin Restart Balapan GP Australia

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Max Verstappen meminta Formula 1 untuk meningkatkan kecepatan Safety Car Aston Martin sebab dinilai terlalu lambat dan mencegah pebalap untuk memanaskan ban.

Safety Car Aston Martin Vantage harus dikerahkan sebanyak dua kali sepanjang balapan utama GP Australia lantaran Carlos Sainz dan Sebastian Vettel mengalami insiden.

Karena mayoritas pebalap menggunakan ban hard, mereka harus berjuang keras untuk menghangatkan ban saat berada di belakang mobil Safety Car Aston Martin, yang dinilai punya kecepatan lebih lambat ketimbang Safety Car Mercedes.

Sejak tahun lalu, Aston Martin dan Mercedes saling berbagi tugas dalam menyediakan Safety Car. Aston Martin menurunkan mobil 4.0L twin-turbo V8 Vantage yang menghasilkan tenaga 528 bhp.

Sementara untuk F1 2022, The Silver Arrows memperkenalkan GT Black Series 730 bhp baru, telah digunakan di seri GP Bahrain dan GP Arab Saudi. Kecepatan Safety Car buatan pabrikan asal Jerman tersebut pun mendekati mobil balap Formula 1, yang diyakini sekitar lima detik lebih cepat per lap.

Max Verstappen kemudian menyebut Safety Car Aston Martin seperti kura-kura yang mencegah para pebalap memulai kembali balapan dengan panas yang cukup pada ban Pirelli yang mereka gunakan.

“Cengkeramannya sangat kecil dan juga safety car melaju sangat lambat, seperti kura-kura. Sulit dipercaya,” katanya dikutip dari Motorsport.com.

“Untuk mengemudi 140 (km/jam) di back straight, dengan tidak ada mobil yang rusak, saya tidak mengerti mengapa kami harus mengemudi begitu lambat. Kami harus menyelidikinya,” imbuh pria asal Belanda itu.

“Yang pasti Safety Car Mercedes lebih cepat karena ekstra aerodinamika, (sebaliknya) Aston Martin ini sangat lambat. (Kami) jelas butuh grip lebih, karena ban kami sangat dingin.”

“Itu cukup buruk dengan cara kami mengemudi di belakang safety car saat ini.”

Pemenang seri GP Australia, Charles Leclerc, juga mengungkapkan hal yang senada dengan Verstappen. Namun, pria asal Monako tersebut enggan mengeluhkannya, lantaran dirinya melihat sang pengemudi Safety Car Aston Martin, Bernd Maylander, sudah berusaha keras untuk melaju kencang.

“Sejujurnya selalu terasa terlalu lambat di dalam mobil karena dengan mobil Formula 1 itu, kami memiliki cengkeraman yang sangat kuat dan itu sangat, sangat sulit, terutama di kompleks tempat kami semua berada, yang merupakan bagian yang sulit,” tuturnya.

“Saya berjuang keras untuk menghangatkan (ban), jadi saya juga berjuang. Sejujurnya, saya ingin mengeluh, tetapi kemudian saya memeriksa seberapa banyak safety car meluncur di tikungan dan saya berpikir tidak ada apa-apa lagi yang bisa dia (Maylander) berikan, sehingga saya tidak ingin memberi terlalu banyak tekanan.”

“Yang pasti dengan mobil yang kami miliki sekarang sangat sulit menjaga suhu ban (saat berada) di belakang safety car,” tutup Leclerc.

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull, F1 2022, GP Australia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/max-verstappen-nilai-safety-car-aston-martin-melaju-terlalu-lambat
669  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini