FIA Tetap Beri Penalti untuk Kimi Raikkonen atas Pelanggaran di Imola

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 03 Mei 2021, 22:15 WIB
Kimi Raikkonen

Kimi Raikkonen Saat Balapan di GP Emilia Romagna

Berita F1: FIA memutuskan untuk tetap memberikan penalti 30 detik kepada Kimi Raikkonen atas kesalahannya saat balapan di GP Emilia Romagna karena bukti dari Alfa Romeo tak cukup kuat.

Beberapa waktu lalu, tim Alfa Romeo meminta agar hukuman yang diberikan kepada pebalapnya, Kimi Raikkonen, saat balapan di GP Emilia Romagna, ditinjau kembali. Mereka pun telah meminta kepada direktur balapan tentang langkah yang mesti dilakukan Raikkonen. Sayangnya, mereka tak kunjung mendapat jawaban dan pebalap Finlandia itu dianggap telah melanggar peraturan.

FIA lantas menyetujui permintaan Alfa Romeo untuk menganalisis kembali hukuman yang mereka jatuhkan kepada Raikkonen. Namun bukti-bukti yang diajukan oleh tim tersebut tidak cukup kuat. Mereka pun mengumumkan keputusan pada hari Minggu (02/05), bahwa penalti 30 detik tetap berlaku.

FIA juga meliris penjelasan mengenai alasan mereka tetap menghukum Kimi Raikkonen.

“Ketika steward memahami kenapa tim berbuat seperti itu, pertama, mengatakan kepada pebalap untuk mengambil lagi posisinya dan kemudian, memintanya agar tidak melakukan itu. Steward tetap pada keputusan awal bahwa tim melanggar Artikel 42.6 dengan tidak kembali ke posisi awalnya selama lap di belakang safety car.”

Saat bendera merah dikibarkan menyusul tabrakan antara Valtteri Bottas dan George Russell, mobil C41 yang dikemudiakan Raikkonen berputar dan keluar dari lintasan. Beberapa pebalap kemudian menyalipnya. Menurut aturan, ia bisa mendapatkan posisi kembali sebelum iring-iringan mobil dipimpin Safety Car terjadi.

Namun terjadi kesalahpahaman antara tim dan direktur balap, sehingga Alfa Romeo memerintahkan Raikkonen untuk berada di posisinya saat itu alih-alih kembali ke posisi sebelum insiden. Usai membuat kesalahan tersebut, ia mestinya masuk ke pit lane dan memulai balapan lagi setelah semua pebalap melewatinya. Akan tetapi, ia tak melakukan hal tersebut.

Alfa Romeo memberi respons atas keputusan FIA lewat akun sosial media mereka.

“Alfa Romeo Racing ORLEN mencatat keputusan FIA dan Komisioner Grand Prix Emilia Romagna perlu mempertahankan penalti yang dijatuhkan kepada pebalap Kimi Raikkonen, menyusul peninjauan kembali atas insiden tersebut,” tulis Alfa Romeo.

Artikel Tag: kimi raikkonen, Alfa Romeo, F1 2021, GP Emilia Romagna

360  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini