Legenda UCLA Dan NBA Bill Walton Meninggal Dunia Di Usia 71 Tahun

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 28 Mei 2024, 11:44 WIB
Bill Walton bermain di NBA antara 1974 sampai 1988 untuk tiga tim NBA yakni Portland Trail Blazers, Los Angeles Clippers dan Boston Celtics. (Foto: Boston Celtics)

Bill Walton bermain di NBA antara 1974 sampai 1988 untuk tiga tim NBA yakni Portland Trail Blazers, Los Angeles Clippers dan Boston Celtics. (Foto: Boston Celtics)

Ligaolahraga.com -

Legenda bola basket Bill Walton, yang memimpin UCLA Bruins meraih dua gelar nasional sebelum memenangkan dua gelar juara selama kariernya di NBA, meninggal dunia pada usia 71 tahun setelah berjuang melawan kanker berkepanjangan.

Walton meninggal pada hari Senin (27/5) saat dikelilingi oleh orang-orang yang dicintainya, kata keluarganya dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh NBA.

"Bill Walton benar-benar salah satu dari jenisnya," kata komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan.

Dia adalah MVP NBA pada musim 1977-78 dan anggota tim ulang tahun ke-50 dan ke-75 NBA. Semua itu terjadi setelah kariernya di perguruan tinggi, di mana ia menjadi juara dua kali di UCLA dan tiga kali menjadi pemain terbaik nasional di bawah asuhan pelatih ikonik John Wooden.

"Apa yang paling saya ingat tentang dia adalah semangat hidupnya," kata Silver dalam pernyataannya. "Dia selalu hadir di acara-acara liga - selalu ceria, selalu tersenyum lebar dan ingin berbagi kebijaksanaan dan kehangatan. Saya menghargai persahabatan kami yang erat, iri dengan energinya yang tak terbatas dan mengagumi waktu yang ia luangkan untuk setiap orang yang ia temui.

"Sebagai anggota keluarga NBA yang disayangi selama 50 tahun, Bill akan sangat dirindukan oleh semua orang yang mengenal dan mencintainya."

Bill Walton yang memiliki tinggi badan 6 kaki 11 inci, yang diabadikan dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada 1993, lebih besar daripada kehidupan di lapangan, di luar lapangan dan selama karier penyiarannya.

Karier NBA-nya - yang terganggu oleh cedera kaki kronis - hanya berlangsung selama 468 pertandingan antara 1974 dan 1988 dengan Portland Trail Blazers, LA (dan sebelumnya San Diego) Clippers dan Boston Celtics. Dia rata-rata mencetak double-double dalam pertandingan-pertandingan tersebut - 13,3 poin dan 10,5 rebound.

Meskipun tidak satu pun dari angka-angka tersebut yang mendekati rekor, dampaknya pada permainan sangat besar.

"Bill Walton adalah legenda sejati - pemain yang luar biasa, penyiar yang berbakat, dan bagian penting dari organisasi Blazers," kata Trail Blazers dalam sebuah pernyataan. "Bill lebih dari sekadar bola basket. Dia lebih besar dari kehidupan. Kepribadiannya yang ceria dan bersemangat akan selamanya dikenang dan dihargai, dan dia akan sangat dirindukan oleh organisasi kami, Rip City, dan semua orang yang mengalaminya."

Artikel Tag: Bill Walton

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/legenda-ucla-dan-nba-bill-walton-meninggal-dunia-di-usia-71-tahun
209  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini