Bill Walton, Center Terampil Dan Cerdas Ala Nikola Jokic

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 28 Mei 2024, 13:18 WIB
Bill Walton menjadi MVP di Blazers (kiri) dan Pemain Cadangan Terbaik di Celtics. (Foto: NBA)

Bill Walton menjadi MVP di Blazers (kiri) dan Pemain Cadangan Terbaik di Celtics. (Foto: NBA)

Ligaolahraga.com -

Sebagai pemain pilihan pertama dalam draft NBA 1974 oleh Portland Trail Blazers, Bill Walton bermain selama 10 musim di NBA, memenangkan gelar juara bersama Blazers (1977) di mana dia menjadi MVP Final dan Boston Celtics (1986).

Walton yang baru saja tutup usia pada Senin (27/5), mencetak 6.215 poin, 4.923 rebound, 1.034 blok dan 1.590 assist sepanjang kariernya saat membela Blazers (1974-79), San Diego/Los Angeles Clippers (1979/1985) dan Celtics .

"Bill Walton adalah salah satu pemain yang paling berpengaruh di eranya," kata Celtics dalam sebuah pernyataan. "Walton dapat melakukan semuanya, memiliki waktu yang tepat, visi yang lengkap, fundamental yang sangat baik dan merupakan salah satu pemain besar terhebat dalam sejarah liga."

Walton mengatakan Bill Russell adalah pemain favoritnya dan menganggap Larry Bird sebagai yang paling tangguh dan terbaik yang pernah bermain bersamanya, sehingga sangat tepat jika karir bermainnya berakhir sebagai anggota Celtics.

"Bermain basket dengan Larry Bird," kata Walton, "seperti bernyanyi dengan Jerry Garcia," merujuk pada salah satu pendiri Grateful Dead.

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya teman baik saya, Bill Walton. Saya mencintainya sebagai teman dan rekan satu tim," kata Bird dalam sebuah pernyataan. "Merupakan suatu kebanggaan bagi saya untuk bermain bersama idola masa kecil saya dan bersama-sama kami meraih gelar juara NBA pada tahun 1986. Dia adalah salah satu yang terhebat yang pernah bermain dalam permainan ini.

"Saya yakin bahwa semua rekan satu tim saya sama bersyukurnya dengan saya karena kami dapat mengenal Bill, dia sangat menyenangkan untuk dikenal dan dia akan sangat dirindukan."

Keluarga Garcia, yang meninggal pada tahun 1995, memberikan penghormatan kepada Walton melalui sebuah postingan di media sosial, dengan menulis, "Kami akan merindukan senyum lebar dan semangat yang menular! Bill akan disambut dengan petikan gitar yang meriah dan senyum lebar saat dia tiba di sisi lain."

NBA mengheningkan cipta untuk mengenang kehidupan Bill Walton sebelum Game 4 pertandingan Boston-Indiana di final Wilayah Timur pada Senin (27/5) malam.

Sebagai pemain All-Star dua kali, Walton memimpin NBA dalam hal rebound dan blok pada tahun 1977 dan merupakan Pemain Cadangan Terbaik pada 1986 - satu-satunya pemain selain James Harden yang memenangkan penghargaan MVP dan Pemain Cadangan Terbaik.

"Mereka berbicara tentang [Nikola] Jokic sebagai center yang paling terampil, tetapi Bill Walton adalah yang pertama!" Hall of Famer Magic Johnson memposting ke X. "Dari menembakkan tembakan lompatan hingga melakukan operan yang luar biasa, dia adalah salah satu pemain bola basket paling cerdas yang pernah ada. Bill adalah duta besar yang hebat untuk bola basket perguruan tinggi dan NBA, dan dia akan sangat dirindukan."

"Rekan-rekan setim saya membuat saya menjadi pemain bola basket yang jauh lebih baik daripada yang bisa saya lakukan sendiri," kata Walton dalam pidatonya di Hall of Fame pada 1993. "Konsep tim selalu menjadi aspek yang paling menarik dari bola basket bagi saya. Jika saya tertarik pada kesuksesan individu atau olahraga individu, saya akan melakukan tenis atau golf."

Artikel Tag: Bill Walton

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/bill-walton-center-terampil-dan-cerdas-ala-nikola-jokic
266  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini