Sumbang 2 Gelar Nasional, Bill Walton Selalu Identik Dengan Dominasi UCLA

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 28 Mei 2024, 12:24 WIB
Bill Walton bersama mantan pelatih UCLA John Wooden (kiri) dan saat mengenakan seragam Bruins. (Foto: Bruins)

Bill Walton bersama mantan pelatih UCLA John Wooden (kiri) dan saat mengenakan seragam Bruins. (Foto: Bruins)

Ligaolahraga.com -

Legenda bola basket Bill Walton yang meninggal dunia di usia 71 tahun pada Senin (27/5) akan selalu identik dengan dominasi UCLA di level perguruan tinggi dengan prestasi 2 gelar nasional pada 1972 dan 1973.

"Meninggalnya Bill Walton adalah tragedi yang menyedihkan. Salah satu yang terbaik dalam sejarah bola basket UCLA," mantan pelatih Notre Dame dan analis bola basket perguruan tinggi ESPN, Digger Phelps, memposting pada hari Senin di media sosial. "Kami berteman baik selama bertahun-tahun. Tidak akan sama tanpa dia."

Bill Walton mendaftar di UCLA pada tahun 1970, sebelum para mahasiswa baru bisa bermain di tim universitas. Begitu dia bisa bermain untuk pelatih John Wooden, Bruins tidak terkalahkan selama lebih dari dua tahun - tim UCLA yang dilatih Walton memenangkan 73 pertandingan pertama mereka, sebagian besar dari 88 kemenangan beruntun yang luar biasa dari Bruins.

UCLA meraih rekor 30-0 dalam dua musim pertamanya, dan 86-4 dalam kariernya di universitas.

Pertandingannya yang paling terkenal adalah pertandingan perebutan gelar juara NCAA tahun 1973, UCLA melawan Memphis State, di mana ia menembakkan 21 tembakan luar biasa dari lapangan dan membawa Bruins meraih gelar juara nasional.

Bruins terus memberikan bola kepada Walton, dan dia terus memberikan penampilan yang tak terlupakan.

"Sangat sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata apa yang telah ia berikan kepada program UCLA, serta dampaknya yang luar biasa terhadap bola basket perguruan tinggi," kata pelatih UCLA, Mick Cronin, Senin. "Di luar pencapaiannya yang luar biasa sebagai pemain, energinya yang tak kenal lelah, antusiasme terhadap permainan dan kejujuran yang tak tergoyahkan yang telah menjadi ciri khas kepribadiannya yang lebih besar dari kehidupan.

"Sebagai alumni dan penyiar UCLA yang penuh semangat, dia senang berada di sekitar para pemain kami, mendengar kisah-kisah mereka dan berbagi kebijaksanaan dan nasihatnya. Bagi saya sebagai pelatih, dia jujur, baik hati dan selalu menempatkan hatinya di tempat yang tepat. Saya akan sangat merindukannya. Sulit untuk membayangkan satu musim di Pauley Pavilion tanpa dirinya."

Walton menjadi anggota piagam Hall of Fame Atletik UCLA pada 1984, dan nomor punggung 32 miliknya bergabung dengan nomor punggung 33 milik mantan pemain hebat UCLA, Kareem Abdul-Jabbar (yang saat masih di bangku kuliah dikenal dengan nama Lew Alcindor), sebagai dua nomor punggung bola basket putra pertama yang dipensiunkan oleh Bruins pada tahun 1990.

"Teman dekat saya, sesama Bruin, dan rival NBA, Bill Walton, meninggal hari ini," tulis Abdul-Jabbar di akun Twitter-nya. "Dan dunia terasa lebih berat sekarang. Di lapangan, Bill adalah pemain yang ganas, tetapi di luar lapangan dia tidak bahagia kecuali dia melakukan semua yang dia bisa untuk membuat semua orang di sekitarnya bahagia.

"Dia adalah yang terbaik di antara kami."

Artikel Tag: Bill Walton

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/sumbang-2-gelar-nasional-bill-walton-selalu-identik-dengan-dominasi-ucla
204  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini