Tak Mau Ambil Resiko, Soniia Cheah Mundur Dari India Open 2021

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 19 Apr 2021, 15:00 WIB
Soniia Cheah Mundur Dari India Open 2021

Soniia Cheah/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Dengan perasaan bermain di benaknya, pebulutangkis profesional, Soniia Cheah telah memutuskan untuk bergabung dengan sejumlah pemain top dalam menarik diri dari India Open bulan depan karena kekhawatiran Covid-19.

Situasi Covid-19 di negara terpadat kedua di dunia tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, dengan 261.500 kasus baru dilaporkan dan New Delhi, kota tuan rumah turnamen 11-16 Mei, sendiri menyumbang sekitar 25.000 kasus secara total.

"Itu (situasi Covid-19 di India Open) sedikit di luar kendali sekarang," kata Soniia, yang namanya adalah salah satu dari enam nama yang dikeluarkan dari undian utama tunggal putri dalam daftar entri turnamen yang diperbarui Jumat lalu.

Peringkat 4 dunia Carolina Marin dari Spanyol dan No. 6 Ratchanok Intanon dari Thailand adalah dua nama terbesar yang mengundurkan diri dari kompetisi tunggal putri.

Turnamen ini juga kehilangan kekuatan bintangnya di pertandingan tunggal putra dengan mundurnya pemain nomor 3 dunia, Anders Antonsen. Hasilnya, peringkat 8 dunia Lee Zii Jia sekarang akan menjadi unggulan ketiga di belakang Kento Momota dari Jepang dan Viktor Axelsen dari Denmark.

Tidak pasti apakah lebih banyak pemain yang akan mengundurkan diri dari turnamen atau tuan rumah sendiri akan melanjutkan rencana mereka untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Daftar akhir peserta ditetapkan untuk dikonfirmasi hari ini sebelum pengundian dilakukan besok.

“Saya telah mempertimbangkan pro dan kontra dan saya memutuskan untuk mundur dari turnamen India. Saya akan fokus mempersiapkan Malaysia dan Singapore Open sebagai gantinya," kata Soniia.

India Open adalah salah satu dari sedikit kualifikasi Olimpiade yang tersisa, tetapi itu tidak akan berdampak pada peluang Soniia Cheah untuk menembus 38 teratas untuk Olimpiade Tokyo.

Soniia Cheah berada di jalur untuk lolos karena dia saat ini berada di peringkat ke-18 dalam klasemen Race to Tokyo dan kualifikasi teratas dari Malaysia.

Ditanya apakah posisinya yang aman untuk Olimpiade membuatnya lebih mudah untuk membuat keputusan, Soniia menjawab: “Saya tidak akan mengatakan itu mudah. Hanya saja perhatian dan prioritas utama saya tetap pada kesehatan dan kesejahteraan saya.”

Soniia yang berusia 27 tahun mengatakan dia akan mengalihkan perhatiannya ke Malaysia Open dari 26-30 Mei, dengan tujuan untuk memenangkan pertandingan pertamanya tahun ini. Pemain peringkat 33 dunia itu kalah di putaran pertama dari empat turnamen yang dia ikuti tahun ini, termasuk Swiss Open dan All England yang dia mainkan sebagai pemain profesional.

“Tidak ada yang ingin kalah, setiap pemain akan selalu ingin menang begitu mereka melangkah ke lapangan termasuk saya,” kata Soniia.

“Yang pasti kalah tidak membuatmu merasa baik. Tapi ini bukan waktunya bagi saya untuk melihat ke belakang, tentu saja saya kesal dengan penampilan buruk saya, tapi kesal tidak akan membantu saya.”

Soniia juga sadar kalau dirinya belakangan ini menjadi bahan kritik para fans.

“Saya tahu bagaimana orang memandang saya di luar sana tetapi saya tahu persis apa yang saya lakukan dan saya benar-benar melakukan yang terbaik. Semangat saya untuk bermain untuk negara tidak pernah pudar meskipun semua hal negatif," Ia menjelaskan.

Artikel Tag: Soniia Cheah, India Open, Olimpiade Tokyo 2021

669  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini