China Gondol 3 Emas di Hari Terakhir Bulutangkis Asian Games Hangzhou

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 08 Okt 2023, 07:09 WIB
An Se-young dari Korea Selatan meneteskan air mata setelah memenangkan medali emas tunggal putri bulu tangkis di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

An Se-young dari Korea Selatan meneteskan air mata setelah memenangkan medali emas tunggal putri bulu tangkis di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Ligaolahraga.com -

Para pebulutangkis China merebut tiga gelar juara saat kompetisi bulutangkis Asian Games Hangzhou berakhir pada Sabtu (7/10/2023). Bintang muda Li Shifeng mengalahkan rekan senegaranya Shi Yuqi pada final tunggal putra, sementara negara tuan rumah juga berjaya di nomor ganda putri dan ganda campuran.

Li memenangkan game pertama yang sengit dengan 23-21, sebelum merebut game kedua dengan nyaman, 21-13.

Li, 23 tahun, yang juga menjadi ujung tombak bagi tuan rumah untuk meraih emas beregu putra pada hari Minggu lalu, tidak kehilangan satu gim pun di nomor beregu dan tunggal dalam debutnya di Asian Games.

"Ini adalah final yang luar biasa, saya sangat senang bertemu Shi di final," kata Li. "Saya lebih muda, jadi beban mental saya tidak terlalu berat."

Meskipun gagal meraih emas, Shi mengatakan bahwa ia sangat senang melihat kebangkitan para pemain muda China.

"Bermain melawan Li di final dalam turnamen yang sulit, saya senang apapun hasilnya. Meraih medali emas dan perak membuktikan kekuatan China, dan saya yakin kami berada di jalur yang benar," kata Shi.

Pada final tunggal putri, pemain nomor satu dunia An Se-young dari Korea Selatan menegaskan supremasinya dengan mengalahkan juara Olimpiade asal China, Chen Yufei.

An yang berusia 21 tahun mengalami cedera lutut pada game pertama, namun tetap menunjukkan dominasinya untuk memenangkan pertandingan yang menegangkan ini dengan skor 21-18, 17-21, 21-8.

Dengan kemenangan ini, An telah meraih 10 gelar dari 13 turnamen musim ini, termasuk Kejuaraan Dunia di Agustus lalu.

Di nomor ganda campuran, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong dari China berhasil mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan Yuta Watanabe dan Arisa Higashino dari Jepang dengan dua game langsung 21-15, 21-14.

"Di tahun 2018, kami baru saja memenangkan Kejuaraan Dunia dan Asian Games di Jakarta, dan kami sangat percaya diri," ujar Zheng.

"Namun di Hangzhou, setiap pertandingan lebih sulit dari yang diperkirakan. Namun dengan beberapa tahun berkembang, kemampuan kami untuk menghadapi kesulitan telah meningkat secara signifikan, dan kami tumbuh lebih dewasa."

Juga pada hari Sabtu, pasangan ganda putri nomor satu dunia Chen Qingchen dan Jia Yifan melakukan balas dendam dan mengamankan emas setelah mengalahkan Lee So-hee dan Baek Ha-na dari Korea Selatan dengan skor 21-18, 21-17.

Di nomor ganda putra, pasangan India Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty mengalahkan Choi Sol-gyu dan Kim Won-ho dari Korea Selatan 21-18, 21-6, untuk mempersembahkan medali emas bulu tangkis pertama negaranya di ajang Asian Games.

Dengan empat gelar, China memuncaki klasemen perolehan medali emas di cabor bulu tangkis, diikuti oleh Korea Selatan dengan dua medali emas dan India dengan satu medali emas.

Artikel Tag: Asian Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/china-gondol-3-emas-di-hari-terakhir-bulutangkis-asian-games-hangzhou
2902  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini