Ayaka Takahashi Beberkan Alasan Pensiun Lebih Cepat

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 20 Agu 2020, 16:30 WIB
Ayaka Takahashi Beberkan Alasan Pensiun Lebih Cepat

Ayaka Takahashi/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Bintang ganda putri bulu tangkis Jepang berusia 30 tahun, Ayaka Takahashi mengatakan bahwa alasan pengunduran dirinya adalah karena setelah Olimpiade Tokyo ditunda, dia tidak dapat melanjutkan pelatihan intensitas tinggi selama satu tahun lagi.

Ayaka Takahashi dan mitranya, Misaki Matsutomo bergandengan tangan untuk memenangkan medali emas ganda putri di Olimpiade Rio 2016 yang merupakan emas Olimpiade pertama untuk bulu tangkis Jepang.

Dia menghadiri konferensi pers online pada waktu yang sama dengan Misaki Matsutomo pada Rabu (19/8) malam, dan tidak bisa menahan tangis ketika dia berbicara tentang pensiunnya.

"Sejak 2019, saya tidak dapat mencapai hasil ideal saya. Setelah Olimpiade ditunda, saya merasa sulit bagi saya untuk bertahan tahun ini secara mental dan fisik. Saya berbicara dengan Misaki tentang perasaan saya dan dia menghormati keinginan saya. Orang tua saya juga memahami keputusan saya dengan sangat baik, dan mereka berpikir bahwa beban di pundak saya akhirnya lega," kata Ayaka Takahashi seraya menangis.

"Saya selalu merasa akan melakukan yang terbaik atau tidak melakukannya sama sekali. Saya menempatkan diri dalam pelatihan dan bersantai saat beristirahat. Ketika saya menyadari bahwa saya mungkin tidak akan mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo, saya tahu ini sudah berakhir. Waktunya telah tiba, saya tidak ingin tanggung-tanggung di lapangan," ungkapnya.

Ayaka Takahashi dan Misaki Matsutomo telah dipasangkan sejak SMA. Antara tahun 2011 hingga 2016, mereka telah memenangkan gelar ganda putri di Kejuaraan Nasional Jepang sebanyak 5 kali. Pada 2018, mereka kembali membantu tim Jepang memenangkan Piala Uber setelah 37 tahun. Keduanya menduduki tahta pertama dunia selama satu setengah tahun.

Misaki Matsutomo, yang kini berusia 28 tahun, akan terus berpartisipasi dalam kompetisi ganda campuran. Dia berkata sambil menangis pada konferensi pers:

"Terima kasih banyak, saya sangat berterima kasih," katanya singkat.

Berbicara tentang keberadaannya setelah pensiun, Ayaka Takahashi mengungkapkan harapannya bahwa ia akan melakukan yang terbaik untuk memberikan kembali kepada para pemain bulu tangkis dan mencoba sesuatu yang baru pada saat yang bersamaan.

Artikel Tag: Ayaka Takahashi, Misaki Matsutomo, Pensiun

5943  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini