Berita Balap Sepeda: Peter Sagan Kena Diskualifikasi Akibat Ulah Nakal di Tour de France

Penulis:
Kamis , 23:59 WIB
Berita Balap Sepeda: Peter Sagan Kena Diskualifikasi Akibat Ulah Nakal di Tour de France

momen insiden tabrakan di etape 4 Tour de France 2017 / latimes.com

Liga Olahraga - Berita Balap Sepeda: Juara Dunia, Peter Sagan secara resmi mendapatkan diskualifikasi dan tidak akan meneruskan pejuangannya di Tour de France tahun ini setelah terbukti melakukan kecurangan dan membuat insiden kecelakaan secara sengaja di etape keempat. Insiden yang sengaja diperbuatnya ini menyebabkan 3 pembalap lain terluka.

Peter Sagan sebenarnya masuk dalam jajaran elit pembalap yang memiliki nama mentereng di Tour de France tahun ini. Namun sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan kelakuan yang baik di lapangan. Insiden memalukan yang dilakukan oleh Sagan terjadi di etape keempat.

Runtutan peristiwa dimulai saat garis finis etape 4 tinggal 50 yard dan terjadi adu sprint antara 4 pembalap. Sagan yang tampak akan segera tertinggal mendadak menyikut Mark Cavendish yang berada di sebelah kanannya, dengan cukup keras dan membuatnya jatuh.

Cavendish jatuh dan menabrak dinding pembatas, dua pembalap lain juga tidak bisa menghindari di tengah kecepatan sprint yang tinggi. Keduanya turut terjungkar dan bahkan saling bertabrakan antar sesamanya.

Cavendish langsung dibawa ke rumah sakit dengan cedera kepala dan siku termasuk masalah serius pada tulang tangannya. Bahkan melalui twitter, tim Cavendish mengatakan jika sang pembalap akhirnya harus mundur dari balapan tahun ini, akibat kecelakaan yg kurang sportif ini. Banyak pengamat bahkan secara langsung memberikan kecaman kepada Sagan karena imbas buruk kepada pembalap yang telah menang 30 etape di Tour the France ini.

Kepala dewan juri balapan ini, Philippe Marien menjelaskan: "Kami telah sepakat untuk mendiskualifikasi Peter Sagan dari Tour The France 2017 ini usai peristiwa saat adu sprint di Vittel, saat dirinya membahayakan pembalap lainnya dan menyebabkan Mark Cavendish dan beberapa lainnya terlibat kecelakaan."

Artikel Tag: tour de france, peter sagan, mark cavendish

511