Kejaksaan Marseille Selidiki Tim Arkea-Samsic Diduga Gunakan Doping

Penulis: Akmal Saputra
Selasa 22 Sep 2020, 15:15 WIB
Tim Arkea-Samsic diselidiki Kejaksaan Marseille/Image: Getty

Tim Arkea-Samsic/Image: Getty

Kantor kejaksaan Marseille mengatakan bahwa mereka tengah melakukan penyelidikan terhadap sebagian kecil tim Arkea-Samsic, yang berkompetisi di Tour de France. Dua orang dikabarkan telah ditahan oleh jaksa terkait dugaan tersebut.

Dilansir dari Eurosport, Jaksa Penuntut Dominique Laurens mengatakan penyelidikan dimulai setelah penemuan banyak produk kesehatan termasuk obat-obatan dan terutama metode yang dapat dikualifikasikan sebagai doping.

Dua orang telah ditahan saat jaksa Prancis meluncurkan penyelidikan terhadap tersangka doping di Tour de France oleh tim Arkea-Samsic.

Kantor kejaksaan Marseille mengatakan kepada AFP pada hari Senin bahwa mereka sedang melakukan penyelidikan terhadap sebagian kecil tim, yang dipimpin oleh Nairo Quintana di Tour.

Laurens mengatakan penyelidikan dimulai setelah penemuan banyak produk kesehatan termasuk obat-obatan dan terutama metode yang dapat dikualifikasikan sebagai doping. Penyelidikan itu menargetkan administrasi dan resep tanpa pembenaran medis dari suatu zat atau metode yang dilarang selama acara olahraga, dan membantu dan mendorong penggunaan zat atau metode itu. 

Sementara itu, Manajer tim Arkea-Samsic, Emmanuel Hubert, mengkonfirmasi bahwa hotel tim telah digerebek minggu lalu, setelah finis di puncak di Col de la Loze pada tahap 17.

Ia mengatakan pencarian itu menargetkan sejumlah pengendara yang sangat terbatas serta rombongan mereka, yang katanya tidak dipekerjakan oleh tim, bersikeras bahwa penyelidikan tidak menargetkan tim atau stafnya secara langsung.

"Kami jelas mendukung pengendara kami, tetapi jika penyelidikan mengkonfirmasi kebenaran praktik doping, tim akan segera melepaskan diri dari tindakan tersebut," sebutnya.

Pernyataan dari badan pengatur sepeda, UCI menyebutkan bahwa UCI menyambut dan mendukung tindakan semua pihak yang terlibat dan akan mengambil tindakan yang sesuai setelah mencatat informasi yang diperoleh oleh otoritas hukum Prancis.

L'Equipe melaporkan pencarian itu dilakukan sebagai bagian dari investigasi awal dan tidak diselenggarakan bekerja sama dengan badan anti-doping Prancis.

Artikel Tag: Arkea-Samsic, Tour de France

561  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini