Leon Spinks, Petinju yang Pernah Merobohkan Muhammad Ali Tutup Usia

Penulis: Senja Hanan
Minggu 07 Feb 2021, 16:23 WIB
Leon Spinks saat melawan Muhammad Ali. (Images: Getty)

Leon Spinks saat melawan Muhammad Ali. (Images: Getty)

Berita Tinju: Dunia olahraga tinju sedang berduka. Leon Spinks, petinju yang pernah merobohkan Muhamad Ali itu meninggal dunia pada Jumat (5/2) malam. Spinks menghembuskan nafas terakhir di Las Vegas, AS, dalam usia 67 tahun setelah bertarung melawan kanker prostat dan sejumlah penyakit lainnya.

The Guardian menyebut Spinks didampingi oleh istrinya, Brenda Spinks, anggota keluarga, serta kerabat dekat ketika meninggal dunia. Dalam karier tinju, Spinks mencatatkan 46 pertarungan dengan 26 kemenangan dan 17 kekalahan.

“Leon Spinks bertarung dengan sejumlah penyakit dengan luwes, tidak pernah kehilangan senyumannya yang khas. Menunjukkan determinasi sejatinya, dia tidak pernah ‘melempar’ handuk,” tulis pernyataan dari perusahaan manajemen Spinks.

Nama Spinks mendunia ketika ia menempuh pertarungan profesional kedelapannya pada usia 24 tahun menghadapi Ali. Tampil sebagai underdog karena Ali mencari “lawan mudah” di Las Vegas, 15 Februari 1978, Spinks menang angka dalam pertarungan 15 ronde untuk merebut gelar juara dunia kelas berat WBA dan WBC.

“Itu adalah salah satu hal yang paling sulit dipercaya ketika Ali setuju menghadapinya karena Anda melihat pertarungan yang dia punya menjelang itu dan dia tidak hanya bukan penantang teratas tetapi tidak seharusnya menjadi penantang,” kata promotor kawakan AS, Bob Arum.

“Dia hanyalah seorang lawan tetapi entah bagaimana dia menemukan caranya untuk memenangi pertarungan tersebut.” Kemenangan melawan Ali disertai dengan pertarungan ulang di New Orleans tujuh bulan kemudian.

Pada kesempatan kedua, Ali berhasil merebut kembali gelar yang telah lepas dari tangan Spinks melalui kemenangan angka dalam laga 15 ronde. Lahir di St Louis, AS, 11 Juli 1953, Spinks memulai karier profesionalnya menghadapi Bov Smith di Nevada pada 15 Januari 1977.

Setelah dikalahkan Ali pada laga kedua, Spinks mendapatkan kesempatan untuk kembali merebut gelar menghadapi Larry Holmes pada 1981. Namun demikian, ketika itu Spinks kalah TKO dan gelar juara dunia tinju kelas berat WBC bertahan di tangan Holmes.

Spinks terus bertarung sampai pertengahan 1990-an dengan pertarungan terakhirnya menghadapi Fred Houpe di tanah kelahirannya di St Louis. Dalam laga yang digelar pada 4 Desember 1995 tersebut, Leon Spinks kalah angka di ronde kedelapan. Ia menggantung sarung tinjunya pada usia 42 tahun dan sempat turun di arena gulat menjelang pensiun.

Artikel Tag: Leon Spinks, Muhammad Ali

1207  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini