Lima Tonggak Bersejarah Yang Iga Swiatek Torehkan Usai Kemenangan Di Miami

Penulis: Dian Megane
Minggu 03 Apr 2022, 22:06 WIB
Iga Swiatek torehkan lima prestasi memukau ini usai kemenangan Miami Open 2022

Iga Swiatek di Miami Open 2022

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Performa brilian Iga Swiatek berlanjut ketika ia mengalahkan Naomi Osaka dengan dua set langsung di final Miami Open sehingga ia menorehkan Sunshine Double.

Petenis berkebangsaan Polandia menikmati dua pekan spektakuler di Miami Open dengan mengalahkan Viktorija Golubic, Madison Brengle, Cori Gauff, Petra Kvitova, dan Jessica Pegula sebelum menumbangkan Osaka.

Kemenangan tersebut menjadi gelar keenam dalam karier petenis berusia 20 tahun sekaligus gelar turnamen WTA level 1000 ketiga secara beruntun. Ia kini mengantongi 17 kemenangan beruntun sejak memenangkan Qatar Open di Doha.

Dengan semua pencapaian tersebut, tidak diragukan lagi bahwa petenis berkebangsaan Polandia layak menjadi petenis peringkat 1 dunia.

Berikut beberapa tonggak bersejarah yang petenis berusia 20 tahun torehkan usai kemenangan Miami Open:

5. Petenis keempat yang mengantongi 17 kemenangan beruntun di turnamen WTA level 1000

Dalam beberapa pekan terakhir, Swiatek tampil dengan performa spektakuler. Setelah kalah di babak kedua Dubai, ia memenangkan gelar Qatar Open di Doha dengan hanya kehilangan dua game melawan Anett Kontveit di final.

Setelah itu ia turun di Indin Wells. Di tiga laga pertama, ia harus bangkit setelah kecolongan set pertama, tetapi tampil memukau ketika mengalahkan Maria Sakkari di final. Lalu ia memasuki Miami Open sebagai petenis unggulan kedua dan kali ini ia memenangkan gelarnya tanpa kehilangan satu set pun, termasuk mengalahkan Osaka di final.

Kini ia mengantongi 17 kemenangan beruntun di turnamen WTA level 1000, bergabung bersama Caroline Wozniacki, Victoria Azarenka, dan Serena Williams.

4. Petenis pertama yang memenangkan tiga gelar turnamen WTA level 1000 pertama dalam satu musim

Dengan memenangkan gelar Qatar Open, BNP Paribas Open (Indian Wells) dan Miami Open, Swiatek menjadi petenis pertama yang memenangkan tiga gelar turnamen WTA level 1000 pertama dalam satu musim.

3. Petenis putri keempat sekaligus petenis ke-11 yang memenangkan Sunshine Double

Dengan memenangkan BNP Paribas Open dan Miami Open, Swiatek menjadi petenis putri keempat yang menorehkan Sunshine Double (memenangkan kedua turnamen pada musim yang sama). Tiga petenis putri lain adalah Steffi Graf (1994, 1996), Kim Clijsters (2005), dan Azarenka(2016).

Ia juga menjadi petenis ke-11 yang menorehkan pencapaian tersebut.

Jim Courier, Michael Chang, Pete Sampras, Marcelo Rios, Andre Agassi, Roger Federer, dan Novak Djokovic mencatatkan pencapaian tersebut di nomor putra.

2. Petenis putri termuda yang menorehkan Sunshine Double

Menginjak usia 20 tahun 307 hari, Swiatek menjadi petenis termuda yang menorehkan Sunshine Double, melampaui Clijsters yang melakukannya ketika berusia 23 tahun.

Ia juga menjadi petenis termuda kedua yang meraih prestasi tersebut setelah Chang.

1. Petenis Polandia pertama yang menjadi petenis peringkat 1 dunia

Usai pengunduran diri Ashleigh Barty dari dunia tenis yang mengejutkan, Swiatek berada di peringkat 2 dunia dan berpeluang menjadi petenis peringkat 1 dunia. Ia mengamankan peringkat prestisius tersebut setelah mengalahkan Golubic di babak kedua Miami Open.

Ia akan menghuni peringkat tersebut sejak Senin (4/4). Ia akan menjadi petenis ke-28 yang menghuni peringkat 1 dunia sekaligus petenis berkebangsaan Polandia pertama yang meraih pencapaian tersebut. Sebelum itu, Agnieszka Radwanska merupakan petenis berkebangsaan Polandia dengan peringkat tertinggi, yakni peringkat 2 dunia pada musim 2012.

Artikel Tag: Tenis, miami open, BNP Paribas Open, Iga Swiatek, Naomi Osaka

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/lima-tonggak-bersejarah-yang-iga-swiatek-torehkan-usai-kemenangan-di-miami
748  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini