Zhang Yufei dan Qin Haiyang Dinobatkan sebagai MVP Asian Games Hangzhou

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 08 Okt 2023, 14:17 WIB
Zhang Yufei dan Qin Haiyang diumumkan sebagai Most Valuable Player (MVP) alias Atlet Terbaik di Asian Games Hangzhou. (Foto: OCA)

Zhang Yufei dan Qin Haiyang diumumkan sebagai Most Valuable Player (MVP) alias Atlet Terbaik di Asian Games Hangzhou. (Foto: OCA)

Ligaolahraga.com -

Dua perenang China, Zhang Yufei dan Qin Haiyang, dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) alias Atlet Terbaik di Asian Games Hangzhou untuk kategori Putri dan Putra.

Kedua pemenang diumumkan dalam sebuah konferensi pers di Main Media Centre pada Sabtu (7/10/2023) malam yang disponsori oleh Loongair - salah satu Prestige Partner Asian Games Hangzhou.

Yufei, "Madam Butterfly" dari China, memenangkan enam medali emas di Hangzhou, sementara raja gaya dada haiyang memenangkan lima medali emas dan satu perak.

Kedua atlet tersebut tidak dapat menghadiri konferensi pers karena harus mengikuti kompetisi renang di Jerman, sehingga penghargaan mereka diambil oleh rekan satu tim.

Kedua pemenang muncul melalui tautan video, dan mengungkapkan rasa terima kasih dan kehormatan mereka karena dinobatkan sebagai MVP dan menambahkan bahwa Asian Games Hangzhou akan tetap menjadi kenangan istimewa dalam hidup mereka, tidak hanya untuk medali tetapi juga dukungan dan semangat yang tinggi dari para sukarelawan, penonton, dan tim.

Yufei berkata: "Penghargaan ini merupakan tonggak sejarah baru bagi saya dan akan membuat saya bekerja lebih keras untuk Olimpiade Paris musim panas mendatang."

Haiyang mengatakan bahwa memenangkan penghargaan MVP tidak ada dalam rencananya, karena ia hanya ingin membuat terobosan pribadi. "Saya bersenang-senang di Asian Games ini dan saya akan mengincar prestasi yang lebih tinggi lagi di Paris tahun depan," kata Qin.

Yufei, 25 tahun, memenangkan emas di nomor 50m gaya bebas putri dan meraih treble di nomor 50m, 100m, 200m gaya kupu-kupu, serta dua emas estafet.

Haiyang, 24 tahun, memenangkan lima medali emas - di nomor 50m, 100m, 200m gaya dada putra dan dua nomor estafet - serta menambahkan satu perak di nomor 200m gaya ganti perorangan putra.

Ketua Loongair Liu Qihong menggambarkan kedua perenang China itu sebagai "superstar" sejati, dan mengatakan bahwa ia menyaksikan "kejayaan dan impian, keringat dan air mata" selama hari-hari kompetisi di Hangzhou. Dia juga mengumumkan pemberian kartu platinum kepada kedua perenang, yang memberikan mereka kondisi dan hak istimewa saat bepergian dengan Loongair, serta tiket perjalanan tak terbatas selama satu tahun.

Wakil Presiden Kehormatan OCA, Wei Jizhong, mengetuai komite seleksi beranggotakan enam orang yang terdiri dari satu orang perwakilan dari masing-masing lima zona OCA untuk memastikan bahwa seluruh penampilan dari 45 Komite Olimpiade Nasional telah dimonitor. Ia menambahkan bahwa pemilihan kedua pemenang didasarkan pada lima kriteria: performa kompetisi termasuk jumlah medali dan rekor yang dipecahkan; sportivitas; pengaruh terhadap publik; disiplin dan permainan yang adil.

Pelaksana Tugas Presiden OCA, Raja Randhir Singh, memberikan penghargaan kepada rekan-rekan tim dari para pemenang, dan juga menyerahkan hadiah uang masing-masing sebesar 25.000 dolar AS (sekitar Rp390 juta).

Artikel Tag: Asian Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/zhang-yufei-dan-qin-haiyang-dinobatkan-sebagai-mvp-asian-games-hangzhou
425  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini