Olimpiade Paris 2024 Akan Kerahkan Hampir 20.000 Personel Militer

Penulis: Hanif Rusli
Sabtu 20 Jan 2024, 08:31 WIB
Puluhan ribu petugas polisi dan anggota penjaga keamanan swasta akan dikerahkan untuk Olimpiade Paris 2024. (Foto: Inside The Games)

Puluhan ribu petugas polisi dan anggota penjaga keamanan swasta akan dikerahkan untuk Olimpiade Paris 2024. (Foto: Inside The Games)

Ligaolahraga.com -

Hampir 20.000 personel militer akan dikerahkan selama Olimpiade Paris 2024 mendatang. Hal ini diumumkan pada hari Selasa (19/1) oleh Pierre Schill, Kepala Staf Angkatan Darat Prancis, dalam sebuah konferensi pers di Metz.

"Olimpiade akan menjadi momen yang sangat penting bagi negara kita. Angkatan Darat akan mengerahkan hampir 20.000 tentara," katanya. Salah satu misi mereka adalah untuk "mengiringi obor Olimpiade". Obor tersebut akan meninggalkan daerah Olympia, Yunani, pada tanggal 16 April dan tiba di Marseille pada tanggal 8 Mei untuk memulai perjalanannya melintasi Prancis.

Selama Olimpiade berlangsung, "sebagian militer akan dimobilisasi untuk melindungi Olimpiade dalam arti luas, mendampingi pasukan keamanan internal", Schill menjelaskan, "untuk mengendalikan wilayah" atau "untuk sejumlah operasi dan misi tertentu".

Tentara akan ditugaskan untuk melindungi upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, yang untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di luar stadion, di Sungai Seine yang mengalir melalui ibu kota Prancis.

Tentara akan mendirikan sebuah kamp di lapangan Reuilly, sebelah tenggara Paris, untuk menampung "beberapa ribu tentara" selama Olimpiade, kata Schill.

Tingkat keamanan ini belum pernah terjadi sebelumnya di Prancis untuk Olimpiade, yang berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus, dan Paralimpiade yang mengikutinya. Puluhan ribu petugas polisi dan anggota penjaga keamanan swasta akan dikerahkan.

Jika penyelenggara Paris 2024 tidak dapat merekrut jumlah petugas keamanan swasta yang dibutuhkan, tentara dapat menambah jumlah pasukan. Manuver untuk merespons potensi situasi krisis selama Olimpiade juga merupakan bagian dari persiapan militer.

Di udara, militer Prancis berencana untuk menggunakan drone pengintai Reaper, pesawat pengintai AWACS, pesawat pengebom tempur, pesawat pengisian bahan bakar di udara, dan helikopter yang membawa penembak jitu dan peralatan anti-drone.

Pada Oktober tahun lalu, Pemerintah Prancis akan melakukan studi mengenai kemungkinan menggunakan tentara cadangan untuk membantu keamanan di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Menteri Olahraga negara tersebut, Amelie Oudea-Castera, mengungkapkan bahwa opsi ini akan dipelajari sebagai solusi untuk mengimbangi kurangnya tenaga kerja dalam keamanan swasta selama Olimpiade berlangsung.

Penelitian akan dimulai pada awal tahun ini.

Beberapa perusahaan keamanan swasta besar telah menolak kesempatan untuk menyediakan layanan mereka untuk Olimpiade.

Panggilan keempat untuk tender akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, tetapi memanggil cadangan polisi dan gendarmerie juga sedang dipertimbangkan.

Perebutan keamanan serupa juga terjadi di London 2012 setelah Pemerintah Inggris harus mengerahkan sekitar 4.700 orang beberapa bulan sebelum Olimpiade karena perusahaan keamanan G4S tidak dapat menyediakan personel yang cukup.

Artikel Tag: paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/olimpiade-paris-2024-akan-kerahkan-hampir-20000-personel-militer
693  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini