Kibiwott Kandie Pecahkan Rekor Dunia Half Marathon

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Selasa 08 Des 2020, 17:00 WIB
Kibiwott Kandie Pecahkan Rekor Dunia Half Marathon

Kibiwott Kandie via Getty Images

Berita Atletik: Kibiwott Kandie, atlet asal Kenya, berhasil memecahkan rekor dunia untuk half marathon, dengan selisih 29 detik, pada hari Minggu (6/12), dilansir Reuters.

Kandie, menjadi orang pertama yang memecahkan rekor sebelumnya yaitu 58 menit di ajang Valencia Half Marathon. Ia menyelesaikan lomba tahunan Spanyol itu dengan catatan 57 menit dan 32 detik, memecahkan rekor yang dipegang oleh rekan senegaranya, Geoffrey Kamworor pada September tahun lalu.

"Saya tidak percaya telah mengalahkan rekor dunia Kamworor dengan setengah menit," kata Kandie dilansir Reuters. "Hari ini adalah hari yang luar biasa untuk saya dan juga Kenya," imbuhnya.

Empat pelari pria teratas semuanya berada di bawah pemain terbaik dunia sebelumnya, dengan Jacob Kiplimo dari Uganda yang berada di urutan kedua dengan catatan waktu 57:37, pelari Kenya Rhonex Kipruto di tempat keriga dengan 57:49, dan Alexander Mutiso juga dari Kenya di posisi keempat dengan torehan waktu 57:59.

Kibiwott Kandie (24) memimpin perlombaan, termasuk mengungguli juara dunia Jacob Kiplimo, yang menempuh jarak 15 kilometer dengan waktu 41:10.

Kedua pelari itu saling bertukar keunggulan selama enam kilometer berikuntya, sebelum Kandie membuat langkah yang menentukan. Dia menyelesaikan kejuaraan dengan memecahkan rekor pribadinya yang satu menit lebih baik dari rekor sebelumnya, yaitu 58:37.

Pada kejuaraan untuk wanita, berhasil dimenangkan oleh Genzebe Dibaba asal Ethiopia dengan catatan waktu 1:05:18, sekaligus menetapkan waktu tercepat untuk debut lari jarak jauh.

Artikel Tag: Kibiwott Kandie, Geoffrey Kamworor, Valencia Half Marathon, Atletik

587  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini