Jumlah Penonton Di Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 Dikurangi

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 07 Feb 2024, 11:57 WIB
Upcara pembukaan Oimpiade Paris 2024 diadakan di sepanjang sungai Seine yang memiliki panjang enam kilometer. (Foto: AFP)

Upcara pembukaan Oimpiade Paris 2024 diadakan di sepanjang sungai Seine yang memiliki panjang enam kilometer. (Foto: AFP)

Ligaolahraga.com -

Pemerintah Prancis mengumumkan pekan ini bahwa mereka harus mengurangi jumlah orang yang dapat hadir dan menikmati Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 di ibu kota Prancis pada 26 Juli mendatang.

Demi alasan keamanan dan organisasi, jumlah penonton pada upacara pembukaan Paris 2024 yang akan ditonton oleh seluruh dunia tersebut telah dipangkas menjadi separuh. Estimasi awal 600.000 orang telah dikurangi menjadi sekitar 300.000 penggemar yang memiliki tiket.

Demikian pula, parade pembukaan tradisional Olimpiade di atas perahu di Seine pada 26 Juli akan berlangsung di luar stadion atletik utama untuk pertama kalinya, meskipun ada pendapat yang bertentangan dari beberapa ahli. Saat ini tidak ada diskusi atau pertimbangan untuk skenario alternatif.

Setelah bulan-bulan spekulasi tentang pengurangan dari 600.000 yang diusulkan oleh Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin untuk 2022, akhirnya diputuskan bahwa sekitar 300.000 penggemar yang memiliki tiket akan bergabung dengan para atlet untuk tonggak emosional Olimpiade.

Kompleksitas menjaga sebuah acara di sungai sepanjang enam kilometer di pusat kota sebesar Paris telah mempengaruhi ambisi awal.

"Saya tahu bahwa kita memiliki pasukan keamanan terbaik di dunia dan bahwa kita akan mampu menunjukkan tidak hanya bahwa kita bisa meraih medali (di Olimpiade), tetapi juga bahwa kita bisa menjadi tuan rumah dunia tanpa masalah," kata Darmanin kepada broadcaster Prancis.

Ide parade spektakuler di udara terbuka dari ratusan perahu telah menimbulkan kekhawatiran di banyak lingkaran keamanan Prancis tentang kesulitan mengontrol kerumunan dan risiko serangan teroris, yang diperparah oleh insiden-insiden berprofil tinggi baru-baru ini.

Direktur artistik yang bertanggung jawab atas upacara pembukaan Paris 2024 tersebut, sutradara teater muda Thomas Jolly, mengakui bahwa rencana darurat telah disusun dalam hal ancaman teroris langsung atau cuaca buruk. "Kami memiliki banyak rencana berbeda, tetapi lokasi upacara akan tetap di Seine," katanya.

Darmanin mengatakan bahwa 100.000 tiket telah terjual untuk kursi terbaik di tepi sungai yang lebih rendah, sementara 200.000 lainnya akan mendapatkan akses gratis ke tepi sungai yang lebih tinggi.

Jumlah yang dikurangi ini sebesar 300.000 orang di Paris 2024 ini masih akan menjadi jumlah pengunjung rekor untuk sebuah upacara pembukaan. Untuk perbandingan, Olimpiade terakhir dengan penonton, yang diadakan di Rio pada 2016, memiliki jumlah penonton sebanyak 80.000 di stadion ikonik Maracana.

Selain mereka yang memiliki kursi resmi di upacara pembukaan Paris 2024 itu, banyak orang akan dapat menyaksikan dari ratusan gedung yang menghadap ke Seine di ibu kota. Ini akan meningkatkan jumlah peserta.

Parade perahu di luar ruangan tersebut sesuai dengan janji untuk menjadikan Olimpiade Paris 2024 "ikonik", dengan Komite Penyelenggara Lokal ingin memutuskan dengan tradisi masa lalu dalam cara penyelenggaraan acara olahraga terbesar di dunia.

Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing dianggap luas sebagai yang paling spektakuler dalam sejarah, sementara upacara 2012 di London, yang diawasi oleh sutradara Trainspotting Danny Boyle, mendapat pujian tinggi karena menampilkan sisi khas Inggris.

Dengan pemanasan global dan perubahan iklim yang mempengaruhi kita semua, upacara 2016 di Rio juga inovatif dan sangat disambut baik karena fokusnya pada alam dan komitmennya untuk membatasi dampak aktivitas manusia pada Ibu Bumi.

Tetap setia pada tradisinya, Paris tidak akan ketinggalan. Kota ini ingin meninggalkan kesan yang abadi bagi dunia dengan mengorganisir "Olimpiade Rakyat", yang tidak hanya akan melihat partisipasi massa pada upacara, tetapi juga akses gratis bagi puluhan ribu orang pada hari pembukaan.

Kepala wilayah Paris, Valerie Pecresse, menyambut baik pengurangan tersebut: "Ini tampaknya menjadi tingkat yang jauh lebih wajar yang akan menjamin keselamatan penonton dan pengunjung di transportasi umum."

Dalam semangat yang sama, seorang pejabat keamanan Prancis senior baru-baru ini mengatakan bahwa para penyelenggara memiliki "mata yang lebih besar dari perut mereka" saat merencanakan pembukaan dan bahwa estimasi awal mereka tentang kerumunan "terlalu tinggi", dan menyambut baik pengurangan tersebut.

Prancis ditempatkan dalam kewaspadaan tinggi terhadap serangan teroris pada bulan Oktober setelah seorang Islamis yang diduga masuk ke sekolah di utara Prancis dan menikam seorang guru sampai mati.

Negara ini telah menjadi sasaran tetap ekstremis Islam selama satu dekade terakhir, terutama kelompok Negara Islam. Konflik di Gaza memperburuk ketegangan dan "risiko teroris sangat tinggi," tambah Darmanin.

Artikel Tag: paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/jumlah-penonton-di-upacara-pembukaan-olimpiade-paris-2024-dikurangi
343  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini