YZR-M1 Bermasalah, Franco Morbidelli Harus Bekerja Ekstra

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 04 Mei 2023, 12:00 WIB
Franco Morbidelli

Franco Morbidelli

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Franco Morbidelli memiliki tugas ganda di MotoGP 2023, yakni memaksimalkan potensi Yamaha YZR-M1 sambil membuktikan dirinya pantas bertahan di tim pabrikan.

Seperti diketahui, Franco Morbidelli kini tengah terancam kehilangan kursinya di Yamaha. Itu disebabkan karena sang rider tampil kurang memuaskan.

Sempat menjadi runner-up MotoGP 2020 saat memperkuat tim satelit Yamaha kala itu, Petronas Yamaha SRT, grafiknya kian merosot. Hal itu tak lepas dari cedera lutut yang sempat mendera Morbidelli.

Di tengah kondisinya yang belum memungkinkan untuk turun balapan, ia diboyong ke tim pabrikan pada pertengahan musim 2021. Pria berusia 28 tahun tersebut bereuni dengan Fabio Quartararo yang pernah menjadi rekan setimnya di Petronas Yamaha SRT.

Sejak saat itu, Morbidelli kesulitan untuk memperlihatkan kinerja positif meski mendapat dukungan penuh dari pabrikan. Jangankan mengulang prestasinya pada 2020, ia bahkan belum menginjakkan kaki di podium lagi sampai saat ini.

Tak ayal, catatan negatif ini membuat masa depan Franco Morbidelli bersama Yamaha agak suram. Pebalap asal Italia itu kemudian diisukan bakal digantikan oleh bintang WSBK, Toprak Razgatlioglu.

Kini Morbidelli masih memiliki kesempatan setelah memperlihatkan performa menjanjikan di MotoGP Argentina dengan finis keempat. Mentornya di VR46 Academy, Valentino Rossi, memprediksi sang murid akan segera menghadapi fase krusial yang berpengaruh pada kariernya di MotoGP.

Menurut Rossi, kondisi tersebut akan berlangsung pada empat atau lima balapan ke depan di mana Yamaha menilai kinerja Morbideli dan mengambil keputusan.

"Empat atau lima balapan lagi akan menjadi fase yang sangat penting bagi Morbidelli," katanya dikutip dari Motorsport-Total.

Lebih lanjut The Doctor melihat bahwa tak ada yang bisa dilakukan lagi oleh Morbidelli selain memperbaiki penampilan. Di tengah problem teknis yang masih membelit motor YZR-M1, ia harus bisa memaksimalkan kecepatan.

Setidaknya sang pebalap harus bisa mengimbangi Quartararo dari segi posisi.

"Dia harus berupaya membuktikan diri layak memiliki tempat di tim pabrikan Yamaha," kata Rossi.

"Ya, Yamaha adalah motor yang memiliki masalah tertentu, dia harus mencoba setidaknya secepat Quartararo," tutupnya.

Artikel Tag: yamaha, Valentino Rossi, motogp 2023, Franco Morbidelli

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/yzr-m1-bermasalah-franco-morbidelli-harus-bekerja-ekstra
2759  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini