Ternyata Ini Alasan GasGas Factory Racing Tak Dapat Status Konsesi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 08 Des 2022, 23:10 WIB
GasGas Factory Racing , Pol Espargaro

Pol Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Meski GasGas Factory Racing resmi menjadi pabrikan baru di MotoGP, namun mereka tak mendapat status konsesi karena hanya merupakan rebranding dari tim Tech3.

Mulai MotoGP 2023, Gasgas Factory Racing bakal menduetkan Pol Espargaro dan Augusto Fernandez yang merupakan seorang debutan. Sementara itu, pabrikan baru di kelas utama biasanya akan diberi status konsesi alias hak istimewa agar bisa mengejar ketertinggalan dari tim-tim rival.

Hak istimewa tersebut antara lain pengembangan motor dan sejumlah pengujian, seperti yang diberikan kepada KTM dan Aprilia saat baru berkompetisi di MotoGP beberapa tahun silam.

Namun status konsesi ini tak diberikan kepada GasGas meski menjadi pabrikan anyar. Penyebabnya adalah mereka hanyalah rebranding dari Tech3, tim satelit KTM.

Selain itu meski menjadi pabrikan baru, motor yang dipakai tetaplah RC16 buatan KTM.

"Tahun depan ada dua motor Gasgas di MotoGP, ya tim Tech3, yang mana mereka dari KTM," ujar Direktur Teknis MotoGP, Mike Webb, dikutip dari Todocircuito.

"Gasgas adalah brand-nya KTM, jadi motornya sama. Berdasarkan regulasi, secara teknis, motornya benar-benar sama dari pabrikannya, jadi motor yang keluar dari satu pabrikan entah mau dinamain apa, motornya tetap saja sama, dalam hal ini namanya Gasgas," ia mengimbuhkan.

Jadi bisa dibilang bahwa Gasgas Factory Racing ini adalah tim Tech3 yang hanya memakai ‘berganti seragam’ di MotoGP 2023. Dalam pengembangan kuda besi, mereka juga sepenuhnya bergantung pada KTM.

"Ini nama baru, tapi pabrikan motornya sudah ada, jadi tak ada konsesi. Mereka akan lanjut seperti halnya tim pabrikan. KTM juga punya tim satelit dengan nama Gasgas ataupun Husqvarna (di kategori lain)," kata Webb.

"Dan secara teknis itu motornya sama. Hanya saja di Moto3, KTM memutuskan menjadi salah satu pabrikan secara terpisah, jadi poinnya terpisah. Sedangkan di MotoGP mereka akan memakai motor KTM, jadi itu pilihan mereka," tutupnya.

Artikel Tag: Pol Espargaro, Augusto Fernandez, ktm, Tech3, GasGas, motogp 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/ternyata-ini-alasan-gasgas-factory-racing-tak-dapat-status-konsesi
487  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini