Takut Tersaingi, Ducati Dilema dengan Pengembangan Desmosedici

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 11 Jan 2020, 13:40 WIB
Takut Tersaingi, Ducati Dilema dengan Pengembangan Desmosedici

Duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Berita MotoGP: General Manager Ducati, Gigi Dall'Igna, mengaku dilema lantaran memprioritaskan peningkatan performa motor Desmosedici di tikungan. Namun di sisi lain, ia khawatir dengan pengembangan mesin jika melihat tim-tim rival.

Sebagaimana deketahui, Ducati sangat dikenal memiliki motor dengan tenaga mesin yang tinggi. Hal itulah yang membuat motor Desmosedici GP kerap kali unggul telak di trek lurus.

Sementara saat ini, Ducati tengah memfokuskan untuk meningkatkan performa motornya saat melibas tikungan, area yang sering menjadi titik lemah Desmosedici GP.

Akan tetapi di musim lalu, Honda nampaknya mulai bisa mengimbangi performa Ducati. Dall'Igna pun mengaku sangat mengapresiasi kerja keras Honda Racing Corporation (HRC) yang hanya dalam setahun bisa merakit mesin RC213V yang mampu menyaingi tenaga Desmosedici. Menurutnya, perbaikan yang dilakukan HRC adalah langkah yang sangat wajar.

"Prioritas kami pada 2020 bukan mesin. Tapi benar Honda mengalami kemajuan besar pada 2019. Jujur, saya tak kaget. Jika jadi direktur teknis Honda, tentu saya akan kembangkan mesin, karena saya harus berada di level yang setidaknya sama dengan rival," ujar Dall’Igna seperti dikutip dari laman Crash.

Melihat kemajuan Honda tersebut, Pria asal Italia ini ingin meningkatkan, atau setidaknya mempertahankan, keunggulan mesin Ducati. Namun ia juga harus mendengar keluh kesah para ridernya, yang terus-terusan menyebut performa Desmosedici di tikungan jauh tertinggal dari para rival.

Dall'Igna pun memilih untuk tetap menjalankan program yang sudah ditentukan, yakni memperbaiki performa Desmosedici di tikungan, namun juga akan terus mengamati seberapa jauh perkembangan lawan di area mesin.

"Jelas insinyur lain juga akan bekerja keras selama musim dingin. Jika kami ingin tetap kompetitif, kami juga harus memperbaiki diri. Jika tidak, kami bisa terpuruk. Jadi, mesin memang bukan prioritas, tapi tetap penting," pungkasnya.

Artikel Tag: Ducati, motogp 2020, Andrea Dovizioso, Honda

1739  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini